Jumat 17 Dec 2021 06:27 WIB

Adab Membaca Alquran di Kendaraan

Dibolehkan bagi seorang Muslim membaca Alquran di atas tunggangan maupun kendaraan.

Rep: Rossi Handayani / Red: Ani Nursalikah
Adab Membaca Alquran di Kendaraan
Adab Membaca Alquran di Kendaraan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang seseorang membaca Alquran saat berada di dalam kendaraan. Bolehkah hal ini dilakukan?

Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i karya Abu Ya'la Kurnaedi, dibolehkan bagi seorang Muslim membaca Alquran di atas tunggangan maupun kendaraan, semisal dalam mobil atau pesawat terbang. Telah shahih bahwa Nabi SAW sholat di atas tunggangan beliau, dan ini didasarkan pada keumuman firman Allah Subhanahu wa Ta'ala

Baca Juga

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): ‘Ya Rabb kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari adzab Neraka.” (QS. Ali Imran ayat 190-191) 

Dzikir yang dimaksud dalam ayat itu mencakup Alquran dan selainnya. (Fatawa al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts al-Ilmiyyah wal Ifta)

Hendaknya seorang qari juga meniatkan dalam membaca dan mentadaburi Alquran secara murni karena wajah Allah, bukan karena riya atau ingin dipuji dan sumah (ingin didengar), serta tidak minta upah apa pun, karena ibadahnya merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada-Nya. Kemudian, juga menghormati adab-adab tilawah atau membaca Alquran, seperti beristiadzah (meminta perlindungan) kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk ketika memulai qiraah, juga membaca basmalah apabila memulai qiraahnya dari awal surah selain surah At-Taubah. 

Selain itu juga sebaiknya duduk ketika membaca Alquran, begitu juga berpakaian yang baik, menghadap kiblat, dan berada di tempat terhormat yang layak dengan keagungan Kitab-Nya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement