Rabu 29 Dec 2021 03:33 WIB

Film-Film yang Paling Dinanti pada 2022

Sejumlah judul film telah dijadwalkan tayang di bioskop pada 2022.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film-film yang paling dinanti pada 2022, salah satunya Black Panther: Wakanda Forever (ilustrasi).
Foto: Marvel
Film-film yang paling dinanti pada 2022, salah satunya Black Panther: Wakanda Forever (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sejumlah judul film telah dijadwalkan tayang di bioskop pada 2022. Pengecer tiket daring Fandango melakukan survei terhadap sekitar 6.000 pembeli tiket bulan ini dan menanyakan film yang paling mereka nantikan.

Black Panther: Wakanda Forever dari Disney/Marvel menempati urutan teratas film yang paling dinanti. Film dijadwalkan tayang pada 11 November 2022, meskipun kini produksi sedang jeda.

Syuting terhenti karena aktris Letitia Wright sedang memulihkan diri dari cedera. Pengambilan gambar diperkirakan berlanjut pada Januari 2022 dan belum ada informasi perubahan jadwal tayang.

Sinema berikutnya yang ditunggu-tunggu yakni film animasi Spider-Man: Across the Spider-Verse (Part One) (7 Oktober). Begitu pula The Batman (4 Maret) dan Thor: Love and Thunder (8 Juli) yang diantisipasi.

Deretan judul lain yakni Jurassic World: Dominion (10 Juni), Doctor Strange in the Multiverse of Madness (6 Mei), dan Avatar 2 (16 Desember). Penikmat film juga tidak sabar menantikan Aquaman and the Lost Kingdom (16 Desember), Top Gun: Maverick (27 Mei), serta Mission: Impossible 7 (30 September).

Lightyear dari Pixar yang rilis 17 Juni menjadi salah satu film keluarga yang juga ditunggu, selain Minions: The Rise of Gru (1 Juli). Ada juga Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore (15 April) dan Sonic the Hedgehog 2 (8 April).

Penyuka horor tidak sabar merasakan sensasi menonton Halloween Ends (14 Oktober), Scream (14 Januari), serta Jordan Peele’s Nope (22 Juli). Judul lain yang ditunggu di antaranya Orphan: First Kill (belum ada tanggal) dan The Black Phone (24 Juni).

Terlepas dari pandemi Covid-19 yang masih melanda, masyarakat telah menunjukkan bahwa mereka rela ke bioskop demi film favorit. Itu terbukti dengan Spider-Man: No Way Home yang pendapatannya sudah melampaui satu miliar dolar AS.

Gower Analytics memperkirakan box office domestik di Amerika akan tumbuh menjadi 9,2 miliar dolar AS pada tahun depan, 114 persen dari angka di 2021. Sementara, di Kanada sudah mencapai 4,3 miliar dolar AS per 26 Desember.

Fandango juga bertanya kepada pembeli tiket tentang pengalaman dan keinginan mereka terkait menonton di bioskop. Hasilnya, sebanyak 94 persen mengaku ingin menonton bioskop lebih sering pada 2022 dibandingkan 2021.

Sejumlah 89 persen merasa puas melihat rilisan film baru di layar lebar tahun ini dan 88 persen juga senang dengan sinema yang bakal tayang di bioskop pada 2022. Sekitar 86 persen menyebut aksi atau petualangan sebagai genre favorit.

Ada 80 persen peserta survei yang berharap bisa menonton lima atau lebih film di layar lebar pada 2022. Sebanyak 70 persen berencana untuk menonton film dalam format layar besar premium bila memungkinkan.

Semua responden survei menonton setidaknya satu film di bioskop selama setahun terakhir. Survei berlangsung tiga pekan pertama bulan Desember 2021. Editor pelaksana Fandango, Erik Davis, menyampaikan pendapatnya tentang hasil survei.

Menurut Davis, penonton mencari pengalaman tak terlupakan di bioskop. Tahun 2022 dinilainya sangat menjanjikan karena menghadirkan banyak film baru yang menarik dan perlu ditonton di layar lebar. "Tahun baru dikemas dengan sensasi, suasana santai, dan petualangan di setiap sudut," ungkap Davis, seperti dikutip dari laman Deadline, Selasa (28/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement