Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

3 Zulhijjah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Vaksinasi Covid-19 Anak

Jumat 07 Jan 2022 07:13 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Reiny Dwinanda

Pelajar menjalani pemeriksaan kesehatan awal saat vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di SD Santa Maria Danupayan, Bulu, Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (6/1/2022). Anak perlu diberi pengertian untuk menjaga kesehatan umum sebelum divaksinasi.

Pelajar menjalani pemeriksaan kesehatan awal saat vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di SD Santa Maria Danupayan, Bulu, Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (6/1/2022). Anak perlu diberi pengertian untuk menjaga kesehatan umum sebelum divaksinasi.

Foto: Antara/Anis Efizudin
Meski tidak ada persiapan khusus, ada hal-hal yang harus diketahui soal vaksin anak.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia enam hingga 11 tahun telah dilaksanakan sejumlah daerah. Pakar virologi dan imunologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Mohamad Saifudin Hakim mengatakan, sebetulnya tidak ada persiapan khusus menjelang vaksinasi anak.

Akan tetapi, menurut dr Hakim, anak perlu diberikan pengertian untuk menjaga kesehatan secara umum. Misalnya, cukup istirahat sebelum pemberian vaksin, menjaga pola makan, dan tidak melakukan aktivitas-aktivitas berat, seperti bermain berlebihan.

Baca Juga

"Hal tersebut harus dijaga supaya kondisi badan tetap sehat dan bugar saat pemberian vaksinasi," kata dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM tersebut, Jumat (7/1/2022).

Selain itu, dr Hakim mengimbau orang tua untuk mau menginformasikan secara jelas kepada petugas kesehatan terkait kondisi kesehatan anak masing-masing. Riwayat alergi, riwayat pengobatan sebelumnya, dan informasi kesehatan lain perlu disampaikan.

Dr Hakim menyampaikan, efek samping atau kejadian ikutan setelah imunisasi (KIPI) secara umum ada yang sifatnya lokal, seperti nyeri-nyeri atau terjadi bengkak di tempat suntikan vaksin. Selain itu, ada yang bersifat sistemik, seperti demam.

Kondisi demam merupakan bentuk respons tubuh dalam membentuk antibodi. Terkait kasus meninggalnya dua anak di Bone, Sulawesi Selatan dan Jombang, Jawa Timur usai vaksinasi Covid-19, dr Hakim mengungkapkan, Komnas KIPI telah melakukan investigasi kepada dua kasus tersebut.

"Tidak disebabkan oleh vaksin Covid-19," ujar dr Hakim.

Setiap ada kejadian serius usai imunisasi, menurut dr Hakim, Komnas dan Komda KIPI akan melakukan investigasi melihat hubungan sebab-akibat kejadian yang tak diinginkan itu dengan vaksin. Meski begitu, kejadian yang timbul belum tentu disebabkan oleh vaksinasi yang diterima.

"Jadi, tidak perlu terburu-buru menyimpulkan kejadian serius tersebut pasti disebabkan oleh vaksin Covid-19," kata dr Hakim.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile