Sabtu 08 Jan 2022 19:02 WIB

Tugu Pamulang Ganti Rupa, Dulu Dihina Kini Dibanggakan

Wajah baru Tugu Pamulang diresmikan pada 8 Januari 2021.

Rep: Eva RiantiĀ / Red: Bayu Hermawan
Wajah
Foto:

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten Arlan Marzan mengatakan, revitalisasi bangunan Tugu Pamulang telah menghabiskan anggaran sebesar Rp700 juta. "Kita menggunakan APBD Pemerintah Provinsi Banten 2021, total anggarannya Rp700 juta," ujar Arlan. 

Anggaran itu mengalami kenaikan dari rencana awal sebesar Rp400 juta. Arlan mengatakan, revisi anggaran terjadi usai dilakukan koordinasi dari hasil sayembara desain mengenai kebutuhan bahan material dalam proses pembangunannya.

"Awalnya Rp400 juta, kemudian setelah hasil sayembara kita koordinasi, kebetulan selama pelaksanaan dan desain, dari dewan juri dan pemenangnya (sayembara) langsung ikut dalam perencanaan material, jadi akhirnya anggaran menjadi Rp700 juta," jelasnya.

Revitalisasi diketahui dilakukan selama dua bulan mulai November 2021. Desain Tugu Pamulang menyesuaikan dengan hasil desain dari pemenang sayembara yang diadakan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim pada kurun waktu Agustus hingga September 2021 lalu.