Senin 17 Jan 2022 16:45 WIB

Rasulullah SAW Mampu Berbicara dalam 7 Bahasa Berbeda, Benarkah?

Rasulullah SAW adalah sosok nabi dan rasul yang tak bica baca tulis

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah (ilustrasi). Rasulullah SAW adalah sosok nabi dan rasul yang tak bica baca tulis
Foto: Republika/Mardiah
Rasulullah (ilustrasi). Rasulullah SAW adalah sosok nabi dan rasul yang tak bica baca tulis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sebuah video di Mesir yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad ﷺ  tidak ummi (tidak bisa membaca dan menulis) viral dan membuat kehebohan. 

Tetapi dalam video tersebut dijelaskan bahwa Nabi Muhammad ﷺ mengetahui dan bisa berbicara tujuh bahasa. Apakah itu benar? 

Baca Juga

Terkait hal itu mantan mufti Mesir Syekh Dr Ali Jumah memberikan jawaban dalam sebuah program di salah satu televisi swasta Mesir.

Dalam penjelasannya yang dikutip dari Masrawy, Senin (17/1/2022), Syekh Ali Jumah menjelaskan bahwa tentang Nabi Muhammad  ﷺ mengetahui tujuh bahasa itu berasal dari pernyataannya orang-orang ateis.

Orang-orang ateis pernah mengeluarkan pernyataan bahwa, tidak menutup kemungkinan, Rasulullah ﷺ mungkin mengetahui.   

Syekh Ali Jumah menjelaskan bahwa sudah tentu Nabi Muhammad ﷺ itu tidak bisa menulis dan tidak bisa membaca. Sebagaimana firman Allah ﷻ.  

وَمَا كُنْتَ تَتْلُو مِنْ قَبْلِهِ مِنْ كِتَابٍ وَلَا تَخُطُّهُ بِيَمِينِكَ ۖ إِذًا لَارْتَابَ الْمُبْطِلُونَ

“Dan kamu tidak pernah membaca sebelumnya (Alquran) sesuatu Kitab pun dan kamu tidak (pernah) menulis suatu Kitab dengan tangan kananmu; andaikata (kamu pernah membaca dan menulis), benar-benar ragulah orang yang mengingkari(mu).”(QS Al Ankabut ayat 48).   

Syekh Ali Jumah menjelaskan ketika diturunkan wahyu kepada Nabi Muhammad ﷺ surat Al Alaq ayat 1:  

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.” 

Nabi Muhammad ﷺ berkata, “Maa Ana bi qari (saya tidak bisa membaca).” 

Syekh Ali Jumah menegaskan bahwa Rasulullah ﷺ tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis tetapi Rasulullah adalah seorang nabi yang ummi. Dan itu merupakan fadhilah dari Allah ﷻ menjadikan Nabi Muhammad ﷺ sebagai suri tauladan bagi seluruh alam.  Sebagaimana firman Allah ﷻ:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS Al Ahzab ayat 21).  

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement