Jumat 28 Jan 2022 11:30 WIB

Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Setengah Jam, Ini Manfaatnya Menurut Dokter Saraf

Dokter saraf mengungkap manfaat minum kopi sebelum tidur siang sekejap.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Secangkir kopi (ilustrasi). Minum kopi sebelum tidur siang sebentar dapat meningkatkan energi di tengah hari.
Foto: PixaHive
Secangkir kopi (ilustrasi). Minum kopi sebelum tidur siang sebentar dapat meningkatkan energi di tengah hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mayoritas pakar tidur lazimnya menyarankan untuk menghindari minum kopi menjelang tidur. Tidak demikian dengan ahli saraf Brice Faraut. Dia malah menyebut minum kopi sebelum tidur justru punya dampak positif.

Faraut meneliti efek kurang tidur di Rumah Sakit Hôtel-Dieu di Paris, Prancis. Dalam buku barunya, Saved by the Siesta, dia membagikan trik agar seseorang bisa memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Baca Juga

Menurut Faraut, minum secangkir kopi menjelang tidur siang akan membantu mengatasi rasa kebingungan saat sudah terjaga. Waktu tidur siang yang dianjurkan adalah selama 20 hingga 30 menit.

"Kafein membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk masuk dan merangsang otak, yang berarti Anda akan tetap tertidur, tetapi setelah tidur siang selama 20 hingga 30 menit, kafein akan membantu Anda bangun lebih awas selama empat hingga enam jam setelahnya," katanya.

Faraut mengutip penelitian yang menunjukkan bahwa tidur siang adalah obat yang sangat efektif dan serbaguna untuk defisit tidur. Sejumlah bukti ilmiah menyebutkan bahwa tidur siang dapat menyembuhkan kelelahan ekstrem, memerangi rasa kantuk, nyeri, kerapuhan imunologi, stres, hipertensi, obesitas, dan penyakit kardiovaskular.

Pendekatan Faraut untuk meningkatkan energi di tengah hari itu senada dengan beberapa studi yang dilakukan tim ilmuwan. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang digagas para periset di Jepang.

Studi menganalisis 10 orang dewasa yang sebagian diminta tidur siang selama 15 menit dan sebelumnya mengonsumsi kafein. Hasilnya, mereka memiliki kinerja yang lebih baik dalam mengerjakan tugas-tugas komputer daripada peserta yang tidur siang lalu saat bangun mencuci muka atau terpapar cahaya terang.

Meskipun minum kopi dianggap dapat membantu menaikkan semangat dalam mengerjakan tugas harian, ada efek lain yang bisa terjadi. Minum kopi berpotensi merusak pola tidur dengan membuat seseorang tetap terjaga di malam hari.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِيْ عَلَيْكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ ۘاِذْ اَيَّدْتُّكَ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِى الْمَهْدِ وَكَهْلًا ۚوَاِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ ۚوَاِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ بِاِذْنِيْ فَتَنْفُخُ فِيْهَا فَتَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِيْ وَتُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتٰى بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ كَفَفْتُ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَنْكَ اِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan ingatlah ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 110)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement