Senin 31 Jan 2022 00:15 WIB

China Laporkan 34 Kasus Baru Covid-19 pada Personel Olimpiade

Maliszewska adalah atlet ke delapan Polandia yang positif Covid-19.

Rep: / Red: Andi Nur Aminah
 Warga yang mengenakan masker melewati dekorasi Tahun Baru Imlek di sepanjang jalan gang di Beijing, China, Selasa, 11 Januari 2022. Ibu kota China dalam siaga tinggi menjelang Olimpiade Musim Dingin karena China mengunci kota ketiga di tempat lain untuk COVID-19 wabah.
Foto: AP/Ng Han Guan
Warga yang mengenakan masker melewati dekorasi Tahun Baru Imlek di sepanjang jalan gang di Beijing, China, Selasa, 11 Januari 2022. Ibu kota China dalam siaga tinggi menjelang Olimpiade Musim Dingin karena China mengunci kota ketiga di tempat lain untuk COVID-19 wabah.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sebanyak 34 orang di kalangan personel yang berkaitan dengan Olimpiade ditemukan terinfeksi Covid-19.Komite penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Ahad (30/1/2022) mengatakan, di antara yang dinyatakan positif Covid-19 adalah Natalia Maliszewska, atlet Polandia yang dijagokan meraih medali pada nomor seluncur lintasan pendek.

Selain Maliszweska, ada 13 atlet atau ofisial tim yang dinyatakan positif Covid-19 setelah tiba di bandara pada Sabtu (29/1/2022). Dari jumlah total yang terinfeksi, 23 di antaranya adalah mereka yang baru tiba di bandara. Sementara 11 lainnya yang sudah berada di lingkungan tertutup.

Baca Juga

Lingkungan terbatas itu memisahkan para personel penyelenggara Olimpiade dengan masyarakat umum sebagai upaya untuk menghadang penyebaran infeksi. Di dalam lingkungan terbatas, para peserta Olimpiade bisa bergerak bebas antara tempat penginapan dan lokasi-lokasi pertandingan dengan menggunakan alat transportasi resmi. Namun, mereka tidak diperbolehkan berkeliaran di wilayah kota.

Semua orang yang terlibat dalam Olimpiade tersebut, termasuk media dan staf, juga diharuskan menjalani tes Covid-19 setiap hari. Maliszewska adalah atlet ke delapan Polandia yang positif Covid-19. "Dia telah menjalani isolasi," kata Komite Olimpiade Polandia Australia, Ahad (30/1/2022). 

Sementara itu, pelatih mengumumkan ada satu orang yang dinyatakan positif Covid di antara para anggota timnya. Dia tak menyebutkan orang yang dimaksud itu apakah atlet atau pelatih.

Penyelenggara Olimpiade Beijing telah memeringatkan bahwa kasus Covid-19 akan semakin banyak dalam beberapa hari mendatang. Peringatan itu dikeluarkan pada saat ibu kota China itu sedang memberlakukan langkah-langkah ketat.

Pemkot Beijing melarang peserta Olimpiade berkeliaran di kota tersebut ataupun melakukan kontak dengan penduduk setempat. Tidak seperti banyak negara yang sedang berupaya untuk menjalani kehidupan bersama Covid-19, China telah mengisolasi diri dengan menerapkan kebijakan tanpa toleransi.

Negara itu juga membatalkan hampir semua penerbangan internasional. Para atlet dan kontingen yang mengikuti Olimpiade harus mengambil penerbangan langsung ke kota tempat penyelenggaraan dengan pesawat sewaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement