Rabu 09 Feb 2022 03:55 WIB

NATO Berterima Kasih Turki Soal Solusi Politik Rusia-Ukraina

Sekjen NATO dan Presiden Turki membahas pembangunan militer Rusia di sekitar Ukraina

Red: Esthi Maharani
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

ISTANBUL -- Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada Senin (7/2/2022) mengucapkan terima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas "dukungan aktif" dan "keterlibatannya untuk menemukan solusi politik" atas ketegangan Rusia-Ukraina.

Dalam sebuah posting-an di Twitter, Stoltenberg mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Recep Tayyip Erdogan dan membahas pembangunan militer Rusia di sekitar Ukraina.

"Saya berterima kasih kepadanya atas dukungan aktif dan keterlibatannya secara pribadi untuk menemukan solusi politik, dan menyambut dukungan praktis Turki yang kuat untuk Ukraina," ujar dia.

"NATO tetap siap untuk berdialog," tambah dia.

Pasukan Rusia pada 2014 menginvasi wilayah Donbas di timur Ukraina dan mencaplok Semenanjung Krimea.

Moskow sekarang telah mengumpulkan ribuan tentara di dekat perbatasan Ukraina, memicu kekhawatiran bahwa mereka dapat merencanakan serangan militer lainnya.

Baca juga : Korut Sesumbar Uji Coba Rudalnya 'Guncang Dunia'

AS dan sekutunya telah memperingatkan serangan yang akan segera terjadi dan mengancam Rusia memberikan "konsekuensi berat" jika menyerang Ukraina.

Namun Moskow membantah bahwa pihaknya sedang bersiap untuk menyerang Ukraina dan mengatakan pasukannya ada di sana untuk latihan.

Pekan lalu, Erdogan mengatakan bahwa Turki siap menjadi tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin Rusia dan Ukraina untuk meredakan ketegangan yang sedang berlangsung.

Berbicara kepada wartawan dalam perjalanan pulang dari Ukraina, Erdogan mengatakan dia siap untuk mempertemukan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Baca juga : Tentara Ukraina Muak Berperang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement