Sabtu 12 Feb 2022 00:15 WIB

China Uji Coba Pesawat Amfibi Berbadan Lebar

Pesawat amfibi bernama Kunlong akan menjadi piranti utama sistem kedaruratan China

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Pesawat amfibi bernama Kunlong akan menjadi piranti utama sistem kedaruratan China. Ilustrasi.
Foto: AP/Ng Han Guan
Pesawat amfibi bernama Kunlong akan menjadi piranti utama sistem kedaruratan China. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Pesawat amfibi berbadan lebar buatan China seri AG600-1003 berhasil menyelesaikan uji coba perdananya. Uji coba mesin dilakukan secara berurutan dari nomor 1, 2, 3, hingga 4, kondisi mesin bagus, dan indikator parameter normal. Demikian pernyataan Aviation Industry Corporation of China (AVIC) dalam laporannya, Jumat (11/2/2022).

Pesawat yang diberi nama Kunlong dengan berbagai fungsi amfibi tersebut akan menjadi piranti utama sistem kedaruratan China. Pesawat yang dikembangkan oleh AVIC tersebut mampu memenuhi kebutuhan tugas pemadaman kebakaran, misi penyelamatan bahari, dan operasi kedaruratan lainnya.

Baca Juga

Perakitan pesawat tersebut rampung pada 26 Desember 2021 dan uji coba sistem avionik, sistem pengendalian, dan pengoperasian hidrolik juga selesai. Pemeriksaan sistem pembakaran BBM, sistem hidrolik, dan beberapa sistem lainnya juga telah dilakukan sebelum uji coba perdana pada Selasa (8/2/2022).

Setelah AG600-1003, dua seri AG600 lainnya dijadwalkan rampung perakitannya pada tahun ini. Demikian keterangan sebagaimana dilaporkan oleh lembaga penyiaran resmi China.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement