Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

8 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Demonstran Minta M Kece Dihukum Maksimal

Kamis 24 Feb 2022 04:59 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: A.Syalaby Ichsan

Terdakwa kasus penistaan agama, M Kece, menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di PN Ciamis, Kamis (24/2/2022).

Terdakwa kasus penistaan agama, M Kece, menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di PN Ciamis, Kamis (24/2/2022).

Foto: Republika/Bayu Adji P.
Umat akan mengawal jalannya persidangan M Kece

REPUBLIKA.CO.ID,CIAMIS -- Pengadilan Negeri (PN) Ciamis menggelar persidangan lanjutan terhadap terdakwa kasus penistaan agama, M Kece, pada Kamis (24/2/2022). Jalannya sidang itu diwarnai aksi massa di depan halaman PN Ciamis. 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, terdapat ratusan orang yang ikut dalam aksi tersebut. Massa aksi itu datang ke PN Ciamis sejak pukul 09.30 WIB. Mereka menuntut M Kece dituntut dengan hukuman maksimal. 
 
"Aksi ini merupakan aksi gabungan dari umat Islam di Ciamis, Tasikmalaya, Garut, dan daerah lain, karena panggilan iman. Mereka datang untuk membela Islam. Tidak ada komando untuk datang ke sini, hanya karena panggilan iman," kata koordinator lapangan aksi tersebut, ustaz Wawan Malik Marwan, Kamis. 
 
Ia menambahkan, umat akan terus mengawal jalannya persidangan M Kece hingga tuntas. Apabila hukuman dari majelis hakim tidak memuaskan, menurut dia, pihaknya sendiri yang akan menghukum M Kece. "Kami menuntut M Kece dihukum seberat-beratnya. Kami akan kawal sampai tuntas," kata dia.
 
photo
Massa melakukan aksi menuntut M Kece agar dihukum maksimal di depan PN Ciamis, Kamis (24/2/2022). - (Republika/Bayu Adji P.)
 
Dalam sidang itu, agendanya adalah pembacaan tuntutan kepada terdakwa. Persidangan dimulai sejak pukul 09.30 WIB.  Sebelum menjalani persidangan, M Kece terlihat sehat. Kepada wartawan, terdakwa kasus penistaan agama itu mengaku siap menjalani persidangan. "Saya siap jalani siang. Mudah-mudahan lancar," kata dia.
 
M Kece diproses hukum karena sejumlah konten video dalam kanal Youtube-nya dengan nada merendahkan dan melecehkan Nabi Muhammad serta agama Islam. Dalam unggahannya, M Kece kerap melakukan berbagai tuduhan tak mendasar mengenai Muslim dan apa yang disembahnya.
 
Dalam berbagai video yang diunggahnya, Kece juga menyelewengkan salam umat Islam menjadi Assalamualaikum WarahmatuYesus Wabarakatu. Dia juga melakukan tuduhan terhadap Nabi Muhammad yang dikerumuni oleh golongan jin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile