Jumat 04 Mar 2022 16:08 WIB

Ketika Pasukan Rusia Rebut PLTN Terbesar di Eropa

Rusia merebut PLTN Zaporizhzhia, Ukraina yang merupakan PLTN terbesar di Eropa

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina.
Foto: wikipedia
Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Pemerintah negara bagian mengatakan pasukan militer Rusia merebut pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia. PLTN yang terletak di sebelah tenggara Ukraina itu merupakan yang terbesar di Eropa.

"Personil operasional (inspektorat nuklir Ukraina) memantau kondisi unit-unit pembangkit listrik," kata pemerintah daerah di media sosial, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga

Pemerintah mengatakan berusaha untuk memastikan operasi dijalankan sesuai dengan persyaratan keselamatan. Ukraina mengatakan pasukan Rusia menyerang PLTN itu pada Jumat dini hari, serangan mengakibatkan gedung latihan lima lantai terbakar.

Menteri Energi Amerika Serikat (AS) Jennifer Granholm mengatakan reaktor nuklir PLTN Zaporizhzhia berhenti beroperasi dengan aman. Washington juga mengatakan tidak melihat adanya peningkatan radiasi di daerah sekitar.

"(PLTN) dilindungi dengan struktur penahan yang kuat dan reaktor berhenti operasi dengan aman," kata Granholm.

Di media sosial Twitter, Granholm mengatakan ia sudah berbicara dengan menteri energi Ukraina mengenai situasi di PLTN.  Sebelumnya dilaporkan pasukan Rusia menembak PLTN Zaporizhzhia dengan roket.

"Kami tidak melihat peningkatan radiasi di daerah sekitar fasilitas (nuklir)," kata Granholm.

Presiden Joe Biden sudah menerima perkembangan terbaru mengenai kebakaran di PLTN itu dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Washington mengatakan Biden juga menerima perkembangan terbaru dari wakil menteri bidang keamanan nuklir Departemen Energi AS.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengungkapkan insiden tersebut melalui Twitter pada Jumat berdasarkan laporan wali kota setempat tentang serangan Rusia di sana.

"Tentara Rusia menembak dari semua sisi ke PLTN Zaporizhzhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa," cicit Kuleba.

"Kebakaran telah terjadi. Jika (PLTN) itu meledak, ledakannya bisa 10 kali lebih besar daripada Chernobyl! Rusia harus SEGERA menghentikan serangannya, izinkan pemadam kebakaran, dirikan zona keamanan!" tulis Kuleba.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَعْتَذِرُوْنَ اِلَيْكُمْ اِذَا رَجَعْتُمْ اِلَيْهِمْ ۗ قُلْ لَّا تَعْتَذِرُوْا لَنْ نُّؤْمِنَ لَكُمْ قَدْ نَبَّاَنَا اللّٰهُ مِنْ اَخْبَارِكُمْ وَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهٗ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ
Mereka (orang-orang munafik yang tidak ikut berperang) akan mengemukakan alasannya kepadamu ketika kamu telah kembali kepada mereka. Katakanlah (Muhammad), “Janganlah kamu mengemukakan alasan; kami tidak percaya lagi kepadamu, sungguh, Allah telah memberitahukan kepada kami tentang beritamu. Dan Allah akan melihat pekerjaanmu, (demikian pula) Rasul-Nya, kemudian kamu dikembalikan kepada (Allah) Yang Maha Mengetahui segala yang gaib dan yang nyata, lalu Dia memberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”

(QS. At-Taubah ayat 94)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement