Kamis 10 Mar 2022 19:47 WIB

Pertama di Indonesia, ATM Sampah “Diparkir” di Masjid

Inisiatif ini hasil kerja sama Mallsampah dengan DMI, MUI dan program ekonomi masjid

Red: Hiru Muhammad
Startup lokal dari Makassar Mallsampah memarkir satu mesin Reverse Vending Maching (RVM) di Masjid Besar Syura, di Makassar, Kamis (10/3/2022). Mesin RVM ini adalah teknologi terakhir yang digunakan Mallsampah pada akhir 2021 lalu.  Hadir dalam seremoni peluncuran, Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) M. Arief Rosyid Hasan mengapresiasi inisiatif ini.
Foto: istimewa
Startup lokal dari Makassar Mallsampah memarkir satu mesin Reverse Vending Maching (RVM) di Masjid Besar Syura, di Makassar, Kamis (10/3/2022). Mesin RVM ini adalah teknologi terakhir yang digunakan Mallsampah pada akhir 2021 lalu. Hadir dalam seremoni peluncuran, Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) M. Arief Rosyid Hasan mengapresiasi inisiatif ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR--Startup lokal dari Makassar Mallsampah memarkir satu mesin Reverse Vending Maching (RVM) di Masjid Besar Syura, di Makassar, Kamis (10/3/2022). Mesin RVM ini adalah teknologi terakhir yang digunakan Mallsampah pada akhir 2021 lalu.  Hadir dalam seremoni peluncuran, Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) M. Arief Rosyid Hasan mengapresiasi inisiatif ini.

“Masjid dihadapkan bisa jadi sumber kebangkitan ekonomi umat. Kita berharap, peralatan canggih dari Mallsampah ini bisa berkontribusi untuk warga masjid dan sekitarnya, sekaligus jadi percontohan program EMAS (Ekonomi Masjid),” katanya.

Baca Juga

Komisaris Independen BSI ini melanjutkan, “selain pemberdayaan ekonomi, ATM Sampah juga simbol bahwa kita mendukung upaya menuju keberlanjutan atau sustainability.”

Sementara itu, Sekretaris budang Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Sulsel dr. Fadli Ananda menyatakan, “ini adalah kerja kreatif dari anak muda yang perduli dengan nilai mendasar Islam, yakni kebersihan. ATM Sampah juga mendorong karakter bersih sekaligus membangun ekonomi umat.”

Inisiatif ini juga mendapat sambutan hangat dari pengurus Masjid Besar Syura. Pendiri Masjid Besar Syura ya g juga Pengurus DMI dan MUI Sulsel H. Mustamin Anshar menyampaikan, Inovasi ini sangat baik untuk mengajak masyarakat dan jemaah untuk mengelola sampah di sekitar masjid. Apalagi, sistem yang digunakan sudah digital, sehingga mekanisme seluruh alurnya jadi lebih mudah. "ATM Sampah bahkan dapat menjadi sedekah yang digunakan untuk pemberdayaan ekonomi umat," katanya. 

Mallsampah berkolaborasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan  PT ASIA Central Investama dalam rangka membangun gerakan ekonomi hijau untuk umat.

Adi Saifullah Putra, selaku Founder dan CEO Mallsampah mengatakan bahwa ATM Sampah merupakan bentuk nyata dari keseriusan Mallsampah dalam menyediakan akses daur ulang bagi siapa saja, “Kami membuat ATM Sampah ini dengan riset yang cukup matang agar dapat diadopsi oleh usaha kecil menengah, dan yang paling penting, dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. ATM Sampah merupakan alternatif lain dari fitur drop off di aplikasi Mallsampah dimana user dapat mendaur ulang mulai dari satu cup plastik,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement