Ahad 20 Mar 2022 15:04 WIB

Adegan Ciuman Sesama Jenis tak Jadi Dihapus dari Film Anak Lightyear

Film anak Lightyear tayangkan ciuman sesama jenis atas desakan karyawan pro LGBT.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Karakter Buzz Lightyear di film Toy Story. Film Lightyear yang memuat adegan ciuman sesama jenis akan tayang pada 17 Juni 2022.
Foto: Disney/Pixar
Karakter Buzz Lightyear di film Toy Story. Film Lightyear yang memuat adegan ciuman sesama jenis akan tayang pada 17 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sempat dihapus, adegan ciuman sesama jenis tetap akan ditayangkan di film anak-anak Lightyear. Hal itu terjadi atas desakan karyawan dan pendukung LGBTQ di Pixar Animation Studios.

Karyawan pro LGBT tersebut mengirim surat kepada pimpinan Walt Disney Company. Mereka menuduh eksekutif Disney telah secara aktif menyensor kasih sayang gay yang terang-terangan dalam film-film fiturnya.

Baca Juga

Sumber yang dekat dengan produksi mengatakan, Lightyear menampilkan karakter perempuan, Hawthorne (disuarakan oleh Uzo Aduba). Salah satu karakter penting dalam film animasi ini memiliki ikatan hati dengan perempuan lain.

Walaupun hubungan karakter selalu ada dalam film, percakapan seputar keintiman dipertahankan, tapi ciuman dihilangkan selama proses kreatif. Peran karakter tidak pernah berkurang meskipun itu dilakukan.

Menyusul reaksi internal atas respons CEO Disney Bob Chapek terhadap RUU "Don't Say Gay" di Florida, AS, adegan ciuman itu dilaporkan kembali dipulihkan dari cerita Lightyear pada pekan lalu. Dalam surat pada 9 Maret kepada pimpinan The Walt Disney Company, karyawan Pixar yang tidak disebutkan namanya menuduh perusahaan telah membasmi habis representasi apa yang boleh mereka tampilkan terkait LGBTQ.

"Hampir setiap momen kasih sayang gay yang terang-terangan dipotong atas perintah Disney, terlepas dari kapan ada protes dari tim kreatif dan kepemimpinan eksekutif di Pixar," kata mereka, seperti dilansir dari laman Ace Showbiz, Sabtu (19/3).

Pernyataan itu tidak secara khusus menyebutkan film Pixar mana yang telah melewati sensor atau keputusan kreatif mana yang dipotong atau diubah. Namun, tampaknya surat tersebut telah mendorong studio berubah pikiran tentang ciuman sesama jenis.

Awal bulan ini, Chapek juga mengumumkan keputusan besar sehubungan dengan protes atas kurangnya tanggapan publik perusahaan terhadap RUU "Don't Say Gay" di Florida. Disney mengaku telah menghentikan sumbangan politik ke Florida.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement