Selasa 22 Mar 2022 17:14 WIB

Pemprov Jabar Akan Segera Revitalisasi Situ Gede, Segini Anggarannya

Situ Gede merupakan salah satu ikon wisata di Kota Tasikmalaya.

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad
: Suasana objek wisata Situ Gede di Kota Tasikmalaya, Selasa (22/3/2022). Pemprov Jabar berencana akan melakukan revitalisasi objek wisata itu pada tahun ini.
Foto: Republika/Bayu Adji P
: Suasana objek wisata Situ Gede di Kota Tasikmalaya, Selasa (22/3/2022). Pemprov Jabar berencana akan melakukan revitalisasi objek wisata itu pada tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan melakukan revitalisasi objek wisata Situ Gede di Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Anggaran sebesar Rp 8 miliar sudah disiapkan untuk menata kawasan itu menjadi lebih baik.

Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan, rencana untuk merevitalisasi objek wisata Situ Gede sebenarnya telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun, adanya pandemi Covid-19 membuat rencana itu tak kunjung terlaksana. "Baru tahun ini bisa dilakukan," kata dia di Situ Gede, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga

Menurut dia, proyek revitalisasi Situ Gede merupakan permintaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya. Sebab, Situ Gede merupakan salah satu ikon wisata di Kota Tasikmalaya.

Uu mengungkapkan, semula anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 40 miliar untuk merevitalisasi objek wisata itu. Namun, lantaran kondisi keuangan di Pemprov Jabar belum stabil, baru sekitar Rp 8 miliar anggaran yang disiapkan untuk tahun ini. Namun, Pemprov Jabar akan terus melanjutkan revitalisasi Situ Gede pada tahun selanjutnya. "Insya Allah akan ada tahapan selanjutnya sampai tuntas," ujar dia.