Rabu 23 Mar 2022 18:40 WIB

Wasit Galak Liga Primer Inggris Ini Pilih Pensiun, Ingin Jadi Petugas VAR

Dean dikenal dengan ketegasannnya. Ia telah mengeluarkan 2.026 kartu kuning.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Wasit Liga Primer Inggris Mike Dean.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Wasit Liga Primer Inggris Mike Dean.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mike Dean berencana pensiun dari tugasnya sebagai wasit di sepak bola. Ia bertugas di Liga Premier Inggris sejak 2000 silam.

Hingga kini Dean telah memimpin 553 pertandingan. Selama periode tersebut ia mengeluarkan 114 kartu merah. Ia termasuk pengadil kontroversial dan tak kenal kompromi terhadap pemain.

Baca Juga

Sosok 53 tahun itu berniat mencoba pengalaman baru. "Dean akan pensiun pada akhir musim 2021/22, tetapi kemungkinan berlanjut menjadi petugas yang menangani VAR," demikian laporan yang dikutip dari Sky Sports, Rabu (23/3).

Total yang bersangkuatn menjadi wasit di Liga Primer selama 22 tahun. Ia juga memimpin dua final Piala FA. Ia merupakan penggemar Tranmere Rovers.

Pertanyaannya, mengapa ia memutuskan berhenti dari dunia yang membesarkan namanya? Rupanya Dean ingin memberikan kesempatan untuk wasit di generasi terkini berkembang. Sehingga ada yang bisa kariernya.

Dean dikenal dengan ketegasannnya. Ia telah mengeluarkan 2.026 kartu kuning. Ia juga memberikan 184 penalti. Itu merupakan rekor tertinggi di kompetisi terelit Negeri Ratu Elizabeth.

Kini ia berproses menuju petualangan lain. Ia sedang dalam pembicaraan dengan Professional Game Match Ofisial (PGMOL). Sehingga bisa lebih fokus di area VAR.

Dean mengikuti jejak Lee Mason. Nama terakhir juga pensiun dari tugas sebagai wasit yang terbiasa memimpin pertandingan untuk mengurusi VAR.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement