Kamis 31 Mar 2022 05:00 WIB

57 Macam Masalah Kesehatan Rentan Serang Pengidap Diabetes

Jangan sampai kena, banyak masalah kesehatan yang bisa mengusik diabetesi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Warga mengikuti pemeriksaan gula darah gratis di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (18/11). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Novo Nordisk Indonesia ini dalam rangka Hari Diabetes Sedunia.Prayogi/Republika
Foto: Prayogi/Republika.
Warga mengikuti pemeriksaan gula darah gratis di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (18/11). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Novo Nordisk Indonesia ini dalam rangka Hari Diabetes Sedunia.Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit kencing manis yang paling banyak terjadi di dunia, dengan persentase mencapai sekitar 95 persen dari total kasus diabetes menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Menurut studi terbaru, penderita diabetes tipe 2 lebih berisiko untuk mengalami 57 macam masalah kesehatan.

Studi ini dilakukan oleh peneliti dari University of Cambridge, Inggris. Studi tersebut menggunakan data dari tiga juta orang berusia di atas 30 tahun yang berasal dari UK Biobank dan catatan para dokter.

Baca Juga

Tim peneliti juga menganalisis 116 macam penyakit yang umum ditemukan pada kelompok paruh baya, seperti dilansir The Guardian. Hasil studi menunjukkan bahwa penyandang diabetes tipe 2 memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami 57 macam penyakit.

Penyandang diabetes tipe 2 bisa mengalami masalah-masalah kesehatan tertentu lima tahun lebih cepat dibandingkan orang-orang tanpa diabetes tipe 2. Mengacu pada data dalam studi, penyandang diabetes tipe 2 memiliki risiko kanker sembilan persen lebih tinggi.

Kelompok ini juga memiliki kemungkinan lima kali lipat lebih besar untuk mengalami gagal ginjal stadium akhir. Mereka pun memiliki kemungkinan 4,5 kali lebih tinggi untuk mengalami kanker hati.

Selain itu, pengidap diabetes tipe 2 juga memiliki kemungkinan 2,6 kali lebih besar mengalami masalah neurologis. Peneliti juga mengungkapkan bahwa kelompok ini memiliki risiko tiga kali lipat lebih besar untuk kena degenerasi makula dan dua kali lipat lebih besar untuk mengalami masalah mata.

Di samping itu, tim peneliti juga menyoroti bahwa penyandang diabetes tipe 2 memiliki risiko 1,9 kali lebih besar untuk terusikk masalah pencernaan. Selain masalah yang berkenaan dengan kesehatan fisik, diabetesi tipe 2 juga memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap masalah kesehatan mental.

Para ahli menilai temuan ini sangat mengkhawatirkan. Mereka menilai perlu ada lebih banyak upaya untuk menurunkan risiko dan mencegah terjadinya diabetes tipe 2 di tengah masyarakat.

"Ini merupakan sebuah pengingat mengenai efek jangka panjang yang luas dan serius dari diabetes pada tubuh," ujar Direktur Riset Diabetes UK Dr Elizabeth Robertson, seperti dilansir Express, Rabu (30/3/2022).

Melihat banyaknya konsekuensi masalah kesehatan yang harus dihadapi, dr Robertson menekankan pentingnya upaya pencegahan agar diabetes tipe 2 tidak terjadi. Hal ini menjadi penting karena risiko-risiko masalah kesehatan menjadi lebih tinggi bila seseorang terdiagnosis dengan diabetes tipe 2 pada usia di bawah 50 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement