Senin 04 Apr 2022 13:04 WIB

Selepas Ditinggal Drummer, Foo Fighters Borong Tiga Piala Grammy

Foo Fighters raih tiga piala Grammy dan buat tribute khusus mendiang Taylor Hawkins.

Red: Nora Azizah
Foo Fighters raih tiga piala Grammy dan buat tribute khusus mendiang Taylor Hawkins.
Foto: BBC
Foo Fighters raih tiga piala Grammy dan buat tribute khusus mendiang Taylor Hawkins.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band Foo Fighters meraih tiga piala Grammy, Ahad (3/4/2022), waktu setempat, sepekan setelah drummer Taylor Hawkins meninggal dunia. Dikutip dari AFP, Senin (4/4/2022), tidak ada satu pun anggota band yang menghadiri acara tersebut, meski tribut untuk Hawkins ditunggu-tunggu dalam acara tersebut.

Foo Fighters memenangi penghargaan Album Rock Terbaik, Penampilan Rock Terbaik dan Lagu Rock Terbaik. Kemenangan itu hanya beberapa hari setelah band tersebut membatalkan semua tur setelah kematian drummer Hawkins.

Baca Juga

Tes toksikologi awal menunjukkan bahwa dalam tubuh Hawkins terdapat obat-obatan termasuk opioid sebelum meninggal, tetapi penyelidik Kolombia tidak menjelaskan apakah itu jadi penyebab kematiannya. Hawkins dikenal sebagai musisi yang berkarisma di atas panggung. 

Dia pernah mengatakan dirinya terpengaruh legenda seperti Phil Collins dan Roger Taylor dari Queen.Foo Fighters merayakan ulang tahun ke-25 tahun lalu, mereka baru-baru ini memproduksi film horor rock and roll "Studio 666".

Sementara itu, Jon Batiste memenangi empat penghargaan di Grammy Awards 2022 yang dihelat di Las Vegas, Ahad (3/4/2022) waktu setempat. Musisi yang mendapat 11 nominasi itu membawa pulang penghargaan video klip terbaik untuk "Freedom". 

Nominasi yang didapatkan oleh Jon Batiste mencakup beberapa genre termasuk R&B, jazz, American roots music, klasik, dan video musik. 

"Saya sangat bersyukur atas karunia yang telah Tuhan berikan kepada saya dan kemampuan untuk membagikannya untuk cinta umat manusia," kata Batiste di atas panggung saat menerima penghargaan, dikutip dari Reuters, Senin (4/4/2022).

Sementara "Cry" dari Batiste memenangi best American roots performance dan American roots song. Musisi memimpin band di "The Late Show with Stephen Colbert" ini juga mendapat penghargaan sebagai best score soundtrack for visual media, karena menggubah dan mengaransemen beberapa musik dalam film Pixar "Soul".

Penghargaan untuk Batiste diumumkan jelang siaran utama Grammy yang akan tayang pada pukul 8 malam waktu setempat. Acara bergengsi di dunia musik ini ditunda setelah dijadwalkan akan dihelat pada Januari lalu akibat lonjakan COVID-19, tempatnya pun dipindah dari Los Angeles ke Las Vegas. Acara ini diperkirakan akan dihadiri ribuan orang, berbeda dengan acara tahun lalu yang lebih sederhana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement