Jumat 08 Apr 2022 19:55 WIB

Realisasi Pembangunan Mandalika Urban Tourism and Infrastruktur Capai Rp 623,6 M

Capaian realisasi diperoleh dari akumulasi sejumlah pekerjaan yang masuk dalam MUTIP.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Pembangunan infrastruktur dasar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika melalui Mandalika Urban Tourism and Infrastructure Project (MUTIP) yang dilakukan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) terus berjalan sesuai rencana dan target.
Foto:

Abdulbar menambahkan, kepastian pendanaan MUTIP dari AIIB diperoleh ITDC pada akhir 2018, dan proyek konstruksi dimulai pada Kuartal I 2021 melalui penandatanganan kontrak Paket I dan II bersama kontraktor terpilih melalui proses pengadaan yang menggunakan metode international open competitive tender. Setelah melalui berbagai persiapan konstruksi, pekerjaan konstruksi pun mulai bergulir pada Kuartal II 2021.

"Dengan pengalaman kontraktor terpilih dalam membangun berbagai proyek infrastruktur nasional maupun internasional, kami optimistis dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan Paket I dan II MUTIP pada 2023 sesuai target yang telah direncanakan," tambah Abdulbar.

ITDC, lanjut Abdulbar, telah memulai percepatan pembangunan The Mandalika sejak 2016 dan saat ini telah terbangun infrastruktur jalan utama kawasan sepanjang 4,1 km beserta fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti Masjid Nurul Bilad dan Kuta Beach Park berikut beach facilities-nya dengan menggunakan pendanaan dari Penyertaan Modal Negara (PMN) 2015 sebesar Rp 250 miliar.

Selain itu, guna semakin meningkatkan kelengkapan infrastruktur dasar, ucap Abdulbar, ITDC juga telah mengerjakan sejumlah proyek dengan dukungan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui skema National Interest Account (NIA) dengan total plafond fasilitas maksimum sebesar Rp 1,2 triliun.

Abdulbar menyebut empat proyek besar yang didanai LPEI yaitu proyek infrastruktur dasar sirkuit dan nonsirkuit, pembenahan Bazaar Mandalika dan pembangunan Pullman Mandalika Merujani Resort. 

Dengan dukungan NIA untuk ground working sirkuit ditambah PMN 2020 sebesar Rp 500 miliar dan Sindikasi pendanaan dari Himpunan Bank Negara (Himbara), Abdulbar sampaikan, ITDC juga telah menyelesaikan pembangunan salah satu infrastruktur ikonik di The Mandalika yaitu Mandalika International Street Circuit yang telah menjamu event balap motor kelas dunia World Superbike (WSBK) pada November 2021 dan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) pada Maret 2022.

"Kami memiliki komitmen menuntaskan percepatan pembangunan The Mandalika sebagai the next destination di Indonesia, sesuai penugasan yang dipercayakan Pemerintah. Untuk itu, kami mohon dukungan masyarakat dan seluruh stakeholders agar pembangunan yang dilakukan di The Mandalika dapat berjalan dengan lancar dan baik di tengah segala tantangan yang ada," kata Abdulbar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement