Senin 18 Apr 2022 15:59 WIB

Pelni Pastikan Seluruh Kapalnya Siap Layani Mudik 2022

Kelayakan armada menunjang keselamatan penumpang selama mudik 2022.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ilham Tirta
Kapal PT Pelni siap melayani pemudik (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Kapal PT Pelni siap melayani pemudik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memastikan seluruh kapal penumpang dan perintis yang dioperasikan siap melayani angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 2022. Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, Yahya Kuncoro memastikan kesiapan armada sudah dilakukan.

“Saat ini sudah tersedia semua kapal beroperasi sebanyak 26 kapal penumpang dan 44 kapal perintis. Tentunya Alhamdulillah saat ini siap semua,” kata Yahya dalam Webinar Mudik Aman Mudik Sehat FMB9, Senin (18/4/2022).

Baca Juga

Yahya menuturkan, kelaikan armada untukn menunjang keselamatan penumpang selama masa angkutan mudik 2022 menjadi yang utama. Begitu juga dengan kesiapan calon penumpang Pelni dalam melakukan perjalan mudik tahun ini.

“Sebelum melayani mudik, semua kapal sudah melakukan docking. Harapannya saat melayani penumpang dalam kondisi fit,” ujar Yahya.

Terlebih, Yahya memprediksi akan terjadi peningkatan penumpang pada masa angkutan mudik tahun ini. Untuk itu, Yahya menegaskan, Pelni sudah melakukan perencanaan strategis mudik tahun ini mulai dari memprediksi lintasan yang akan ramai penumpang dan penambahan frekuensi perjalanan kapal

Yahya menambahkan, Pelni menetapkan arus mudik akan terjadi pada sejak 17 April hingga 18 Mei 2022. Dalam periode tersebut akan terjadi arus mudik dan balik.

“Dengan pesiapan matang diharapkan bisa terorganisir karena memang untuk angkutan laut lebih lama perjalananya,” jelas Yahya.

Sebanyak 26 kapal penumpang Pelni dapat menampung 32.447 orang dan melintasi total 76 pelabuhan. Sementara 44 kapal perintis Pelni mampu mengangkut 16.820 orang dan melintasi total 281 pelabuhan. Dengan begitu total seat yang tersedia sebanyak 48.267 kursi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement