Kamis 21 Apr 2022 12:06 WIB

Lulusan Terbaik Akmil, Seskoad, Sesko TNI Promosi Jadi Sahli Menhan

Brigjen Rui FGP Duerte yang dikenal dekat Prabowo promosi menjabat Kasatwas Unhan.

Red: Erik Purnama Putra
Brigjen Bambang Trisnohadi promosi menjadi Staf Ahli (Sahli) Menhan Bidang Keamanan.
Foto: Dok Pendam Cenderawasih
Brigjen Bambang Trisnohadi promosi menjadi Staf Ahli (Sahli) Menhan Bidang Keamanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa kembali melakukan mutasi dan rotasi di lingkungan TNI tiga matra. Ada 91 perwira tinggi (pati) TNI AD, AL, dan AU yang digeser dari posisi semula. "Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/355/IV/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia ditetapkan di Jakarta pada tanggal 19 April 2022," demikian salinan keputusan yang ditandatangani Jenderal Andika dan Kepala Sekretars Umum (Kasetum) TNI Brigjen Edy Rochmatullah di Jakarta pada Selasa (19/4/2022).

Di antara yang mendapatkan promosi adalah Brigjen Rui FGP Duerte yang selama ini dikenal dekat dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo. Dari Kepala Biro Tata Usaha dan Protokol Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan, Rui promosi menjadi Kepala Satuan Pengawas Universitas Pertahanan (Kasatwas Unhan) menggantikan Mayjen Totok Sugiharto yang pensiun.

Baca Juga

Selain itu, Brigjen Bambang Trisnohadi juga mendapatkan promosi dari Inspektur Pusat Teritorial Angkatan Darat menjadi Staf Ahli (Sahli) Menhan Bidang Keamanan. Bambang merupakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik Akmil 1993), lulusan terbaik Seskoad, dan terbaik Sesko TNI. Bambang mengisi posisi yang ditinggalkan Marsda Erwin Buana Utama lantaran memasuki masa pensiun.

Baik Rui maupun Bambang bakal mendapatkan kenaikan bintang dengan berpangkat Mayjen di posisi barunya tersebut. Khusus jabatan Bambang, proses promosi harus menunggu Keputusan Presiden (Keppres) Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Sertijab menunggu keppres," demikian salinan mutasi yang didapatkan Republika tersebut.

Asisten Logistik (Aslog) Panglima TNI Marsda Sujatmiko digeser menjadi Dosen Tetap Unhan. Adapun penggantinya adalah Brigjen Haryono, yang sebelumnya menjabat Dircab Pusziad. Kemudian, Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya Brigjen Bobby Rinal Makmun promosi menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1/Kostrad menggantikan Mayjen Dedy Kusmayadi yang pensiun.

Bobby pun akan menyandang pangkat Mayjen di jabatan barunya. Adapun Brigjen Edy Sutrisna yang sebelumnya menduduki Wakil Asisten Intelijen KSAD Bidang Manajemen Intelijen digeser menjadi Kasdam Jaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement