Ahad 01 May 2022 16:10 WIB

Manfaatkan Momentum Mudik, Menkop Dorong Pelaku UMKM Gunakan Rest Area untuk Promosi

Kawasan rest area yang menjadi lokasi favorit pemudik ketika beristirahat.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Rest area di jalan tol (ilustrasi)
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Rest area di jalan tol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta, momentum mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini dimanfaatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mempromosikan produk unggulan daerah masing-masing. Salah satunya melalui pemanfaatan kawasan rest area yang menjadi lokasi favorit pemudik, ketika beristirahat dalam perjalanan ke kampung halaman. 

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 tahun 2021 tentang Jalan Tol, yang merupakan turunan atau aturan pelaksana Undang-Undang (UU) Cipta kerja. Aturan itu secara resmi mewajibkan pengusaha jalan tol mengalokasikan minimal 30 persen lahan mereka di rest area atau tempat peristirahatan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 

Baca Juga

"Momentum Idul Fitri tahun ini juga harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk reborn. Tumbuh kembali, melaju, dan semakin dekat dengan masyarakat Indonesia. Saya berpesan kepada saudara-saudari yang sedang bersiap merayakan Lebaran atau sedang mudik, jangan lupa bangga beli produk UMKM kita," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima, Ahad (1/5/2022). 

Ia pun melakukan kunjungan sekaligus membuka Bazar Mudik Lebaran 2022 di Rest Area KM 39A Ruas Jakarta-Cikampek, Jawa Barat pada Kamis (28/4). Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM Eddy Satriya, Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso, Kadiskop dan UKM Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna, Kadiskop dan UKM Kabupaten Karawang Ade Sudiana, Perwakilan Perum Bulog Wilayah Jawa Barat, Perwakilan PT Mayora Indah, dan Ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyyin (HPN) Abdul Kholik.