Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

11 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Newcastle United Terus Goda Henderson untuk Tinggalkan Manchester United

Senin 16 May 2022 14:19 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar

Penjaga gawang Newcastle Martin Dubravka menangani bola selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Newcastle United di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Ahad, 8 Mei 2022

Penjaga gawang Newcastle Martin Dubravka menangani bola selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Newcastle United di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Ahad, 8 Mei 2022

Foto: AP/Jon Super
Henderson dinilai sebagai sosok ideal sebagai calon pengganti Martin Dubravka

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Newcastle United tengah bersiap mencari pengganti kiper Martin Dubravka pada jendela transfer musim panas mendatang.

Bidikan The Magpies tertuju pada kiper asal Inggris, Dean Henderson, yang jarang mendapatkan kesempatan tampil di bawah mistar gawang Manchester United pada musim ini.

Penjaga gawang berusia 25 tahun itu gagal bersaing penjaga gawang asal Spanyol, David de Gea, yang terus menunjukan performa apik. Terlepas dari capaian mengecewakan United pada musim ini, De Gea dinilai mampu tampil konsisten dalam mengawal gawang Setan Merah.

Imbasnya, Henderson jarang mendapatkan kesempatan merumput dengan hanya menorehkan tiga penampilan bersama tim utama United di semua ajang pada musim ini. Bahkan, Henderson tidak pernah sekalipun merumput di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Kondisi ini membuat jebolan akademi United itu membuka peluang untuk meninggalkan Setan Merah. Kondisi ini coba dimanfaatkan oleh Newcastle United. Terlebih, performa sektor pertahanan The Magpies terbilang mengecewakan dengan kebobolan 61 gol dari 36 laga di pentas Liga Primer Inggris.

Penguatan di sektor pertahanan, termasuk dengan kemungkinan mendatangkan penjaga gawang baru, menjadi salah satu prioritas The Magpies. ''Untuk itu, The Magpies telah meningkatkan intensitas soal keinginan merekrut Henderson pada jendela transfer musim panas mendatang.”

“Henderson dinilai sebagai sosok ideal sebagai calon pengganti Martin Dubravka sebagai penjaga gawang utama Newcastle United,'' tulis laporan Mirror, Senin (16/5).

Ini bukan kali pertama The Magpies dikabarkan tertarik merekrut Henderson. Pada pertengahan musim ini, pelatih Eddie Howe dikabarkan sempat meminta manajemen The Magpies untuk mendatangkan Henderson sebagai pemain pinjaman.

Namun, United enggan melepas Henderson, yang dibanderol dengan nilai transfer mencapai 20 juta poundsterling tersebut. Performa Henderson sebenarnya tidak terlalu buruk. Saat melakoni masa peminjaman di Sheffield United, Henderson berhasil membawa The Blades promosi ke pentas Liga Primer Inggris pada akhir musim 2018/2019.

Henderson pun tetap dipercaya tampil di bawah mistar gawang The Blades pada musim berikutnya. Penampilan apik bersama Sheffield United akhirnya membuat United memperpanjang kontrak Henderson hingga 2025 mendatang.

Tidak hanya itu, Henderson juga sempat dipanggil memperkuat Timnas Inggris senior di laga persahabatan, Oktober 2019. Sayangnya, cedera pinggul membuat Henderson dicoret dari skuad The Three Lions di putaran final Piala Eropa 2020.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile