Kamis 19 May 2022 22:05 WIB

Rusia-Dunia Islam: Kazan Summit 2022 Dimulai

Kazan Summit mendorong kerja sama ekonomi antara Rusia dan negara-negara anggota OKI

Red: Esthi Maharani
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kazan 2002, yang mengumpulkan para profesional ekonomi Rusia dan dunia Islam, dimulai pada Kamis di Kazan, ibu kota Republik Tatarstan Rusia.
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kazan 2002, yang mengumpulkan para profesional ekonomi Rusia dan dunia Islam, dimulai pada Kamis di Kazan, ibu kota Republik Tatarstan Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID., KAZAN -- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kazan 2002, yang mengumpulkan para profesional ekonomi Rusia dan dunia Islam, dimulai pada Kamis di Kazan, ibu kota Republik Tatarstan Rusia.

KTT Ekonomi Internasional ke-13: Rusia-Dunia Islam: KTT Kazan 2022, di mana Anadolu Agency adalah mitra komunikasi global, dimulai dengan upacara pembukaan pameran "Rusia Halal Expo 2022".

Acara ini diadakan dalam rangka kegiatan Kelompok Visi Strategis Dunia Islam-Rusia, kata Presiden Tatarstan Rustam Minnikhanov dalam pidatonya.

"KTT Kazan adalah platform utama dan satu-satunya di negara kita dari interaksi ekonomi antara kawasan Rusia dan negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)," katanya.

"KTT ini menampilkan platform bisnis yang sukses untuk menjalin kontak baru dan menghadirkan kemampuan ekonomi dan potensi investasi negara kita," tambahnya.

Acara tiga hari ini bertujuan untuk mendorong kerja sama dalam perdagangan, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mempromosikan hubungan sosial dan budaya antara Rusia dan negara-negara anggota OKI.

Sharing economy dan industri halal akan menjadi agenda utama acara tersebut.

Topik utama lainnya adalah keuangan Islam, perbankan diplomasi pemuda, pengembangan ekspor, serta kewirausahaan dan investasi.

Acara ini juga akan mencakup Forum Cluster Pembuatan Mesin, Hari Halal Sedunia dan acara yang didedikasikan untuk peringatan 1.100 tahun adopsi Islam oleh Volga Bulgaria.

Di antara acara tradisional KTT adalah Forum Pengusaha Muda Negara-negara OKI, Forum Diplomat Muda Negara-negara OKI, dan SberTalk - platform diskusi offline multimodal untuk membahas masalah sektor keuangan dengan perwakilan pemerintah dan pelaku bisnis.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement