Rabu 14 Aug 2024 10:55 WIB

Indahnya Masjid di Rusia Ini, Terinspirasi Pesona Bunga Tulip

Masjid Lala Tulpan adalah salah satu masjid terkenal di Rusia.

Red: Hasanul Rizqa
Masjid Lala Tulpan di Ufa, Rusia.
Foto: dok wiki
Masjid Lala Tulpan di Ufa, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Lala Tulpan berlokasi di Ufa, Bashkortostan, Rusia. Nama masjid tersebut berarti `bunga tulip yang bermekaran.' Penamaan itu melukiskan keindahan bangunan yang berwarna dominan merah dan putih tersebut.

Bentuk atap dan menara Masjid Lala Tulpan bagaikan kelopak bunga tulip. Di bagian muka, tepat sebelum pengunjung menapaki anak tangga untuk memasuki ruangan masjid ini, terdapat dua menara kembar yang menjulang dengan tinggi masing-masing 53 meter.

Baca Juga

Seperti dilansir dari laman Beautiful Mosque, menara itu merupakan yang tertinggi ketiga di antara menara-menara masjid Rusia, yakni setelah Masjid Akhmad Kadyrov (Grozny) dan Masjid Qolsharif (Kazan). Pemerintah setempat mengakui besarnya peranan Masjid Lala Tulpan sebagai rumah ibadah Islam di level nasional.

Pada 2001, misalnya, Presiden Vladimir Putin mengadakan pertemuan dengan ulama besar Rusia, Talgat Tadzhuddin (lahir 1948), dan mubaligh-mubaligh lainnya di masjid tersebut untuk membahas kebinekaan dan harmoni di negara berjuluk Negeri Beruang Merah itu.