Selasa 24 May 2022 11:25 WIB

Lima Bahasa Cinta dari Manusia untuk Allah

Mari kita telusuri apa bahasa cinta manusia kepada Allah SWT.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Ibadah di rumah. (Ilustrasi). Lima Bahasa Cinta dari Manusia untuk Allah
Foto:

2. Berbuat baik

Abu Hurairah RA dari Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Barangsiapa yang meringankan kesulitan seorang mukmin dari kesulitan dunia ini, Allah SWT akan menyelamatkannya dari kesulitan akhirat." (HR Muslim).

Berbuat baik adalah ketika seorang mukmin melakukannya tanpa mengharapkan terima kasih atau pengakuan. Bahkan, Allah SWT menyebutkan dalam Alquran bahwa sekelompok dari mereka di Jannah adalah mereka yang memberi makan orang lapar dan berkata: (Kami memberi Anda makan hanya karena Allah SWT, tidak mencari imbalan atau terima kasih dari Anda) (Al-Insan 76:9).

Bisa jadi Allah SWT, pemelihara (A-Razzaq) telah memberikan rezeki kepada makhluk-Nya melalui perbuatanmu. 

3. Hadiah

Tidak mungkin seseorang memberikan hadiah kepada Allah SWT. Namun, hal yang paling dekat dengan memberikan pada Allah SWT adalah sedekah.

Allah SWT menjelaskan amalan tersebut dalam Alquran: Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan (QS Al Baqarah: 245).

Tentu saja kita tak bisa memberikan pinjaman kepada Raja di Atas Raja, tetapi Dia menghadiahi dengan sangat murah seolah-olah umat Islam bisa!

Aisyah memperlakukan sedekahnya seperti hadiah dengan memberikan wewangian sebelum memberikannya. Dia menjelaskan dia melakukan ini dan mengetahuinya ini akan mencapai Allah SWT. Jadi, mari kita ingat hadiah yang Allah berikan bagi orang yang murah hati: 

Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati (QS Al Baqarah 2: 274).

photo
Ilustrasi Sedekah - (dok. Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement