Jumat 27 May 2022 07:14 WIB

Jordi Amat Optimistis Pengalamannya di Eropa Bantu Timnas Indonesia

Jordi Amat memulai karier profesional pada 2010 di Spanyol bersama klub Espanyol.

Red: Israr Itah
Jordi Amat (kanan).
Foto: DOK PSSI
Jordi Amat (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bek tengah berkewarganegaraan Spanyol, Jordi Amat optimistis pengalamannya mengarungi ketatnya liga sepak bola Eropa dapat membantu tim nasional Indonesia. Jordi dalam proses naturalisasi menjadi WNI.

"Sudah 12 tahun saya berkecimpung di dunia sepak bola profesional. Saya pernah bermain di La Liga dan Liga Primer. Jadi saya memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang bisa dibagikan kepada pemain lain di tim nasional," ujar Jordi di Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga

Jordi memulai karier profesional pada 2010 di La Liga Spanyol bersama klub Espanyol. Kemudian, pemain yang lahir pada 21 Maret 1992 tersebut sempat pula berseragam Rayo Vallecano, Swansea City di Liga Inggris, Real Betis dan terakhir KAS Eupen di Liga Belgia.

Meski demikian, Jordi menggarisbawahi bahwa ia juga memerlukan masukan, wawasan, dan pengalaman dari teman-temannya di timnas. Dengan saling berbagi, pria yang memiliki darah Indonesia dari sang nenek itu yakin skuad Garuda semakin solid dan bertambah kualitasnya.

"Dengan berjuang bersama, saya yakin kami akan mampu meningkatkan performa tim," kata Jordi.

Jordi merupakan salah satu pemain luar negeri keturunan Indonesia yang berkas administrasi naturalisasinya ke WNI sedang diproses oleh pemerintah, selain Sandy Walsh dan Shayne Pattynama. Sandy dan Jordi sudah menuntaskan beberapa agenda naturalisasi di Jakarta pekan lalu seperti mengurus beberapa hal kedutaan besar negara asal mereka di Indonesia, melakukan tes kesehatan dan mengikuti wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara. Sementara Shayne Pattynama dijadwalkan tiba di Indonesia pada pekan ini.

PSSI berharap naturalisasi mereka segera rampung agar bisa memperkuat tim nasional Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait. Pada fase penentu kelolosan ke Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada 8-14 Juni 2022 itu, Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Nepal dan tuan rumah kualifikasi, Kuwait.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement