Kamis 02 Jun 2022 18:38 WIB

Pandemi Reda, Kini Waktunya Asah Keterampilan Sosial Anak

Keterampilan sosial anak turun akibat pandemi Covid-19.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Anak bermain (ilustrasi). Selama pandemi, keterampilan sosial anak menurun.
Foto: PxHere
Anak bermain (ilustrasi). Selama pandemi, keterampilan sosial anak menurun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keterampilan sosial anak turun akibat pembatasan kegiatan selama pandemi Covid-19, menurut laporan Newport Academy, AS. Psikolog keluarga Anna Surti Ariani mengingatkan, untuk meningkatkan keterampilan sosial, anak-anak harus bertemu dengan teman-temannya.

"Mereka mengalami kesulitan untuk tolong-menolong, berdonasi, untuk berempati kepada orang lain, dan untuk bekerja sama," ujar Anna dalam acara konferensi pers "Lifebuoy Shampoo Menginspirasi Keluarga Indonesia Menjadikan Rambut Sehat Sebagai Kekuatan untuk Berbagi Kebaikan", Kamis (2/6/2022).

Baca Juga

Di Indonesia, ada laporan dari Yogyakarta yang memperlihatkan skor-skor untuk keterampilan sosial menurun. Lebih dari 90 persen anak mengalami penurunan kemampuan sosial.

"Keterampilan sosial tidak tiba-tiba muncul, namun harus dikembangkan. Ini pekerjaan rumah (pr) kita semua setelah masa pandemi benar-benar usai," papar perempuan yang akrab disapa Nina ini.

Nina mengatakan keterampilan sosial, seperti tolong-menolong atau berempati, tidak cukup diajarkan secara teoritis. Orang tua tidak bisa hanya bilang ,"Kamu harus menolong temanmu."

Keterampilan sosial harus dipraktikkan. Selama dua tahun pandemi, orang tua mengalami kesulitan menstimulasi anak-anaknya untuk mempraktikkan keterampilan sosial tersebut.

Dampaknya, dalam jangka pandek, anak-anak cenderung mengalami masalah pergaulan. Anak jadi tidak mau bekerja sama, tidak sensitif pada kebutuhan orang lain, tidak tahu cara merespons temannya, dan tidak tahu cara mengamati teman-temannya.

"Ketika menjadi masalah pergaulan, itu akan terasa berat kalau dialami remaja," ujar Nina.

Jika keterampilan sosialnya tak ditingkatkan, menurut Nina, akan ada dampak jangka panjang yang akan dialami anak. Ia mengatakan, anak akan mengalami beberapa jenis gangguan psikologis yang bervariasi.

"Orang yang tidak memiliki keterampilan bersosialiasi sangat rentan mengalami gangguan psikologis," kata Nina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement