Selasa 07 Jun 2022 05:30 WIB

Puluhan Rumah di Kendal Rusak Dihantam Angin Kencang  

Angin kencang merusak puluhan rumah di Kendal.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Hafil
 Puluhan Rumah di Kendal Rusak Dihantam Angin Kencang. Foto:  Puting beliung (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Puluhan Rumah di Kendal Rusak Dihantam Angin Kencang. Foto: Puting beliung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan sebanyak 26 rumah mengalami kerusakan disebabkan hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah pada Ahad, (5/6/2022). 

"Hasil pemantauan di lokasi angin kencang menyebabkan pohon tumbang, menutup akses jalan dan menimpa rumah warga di beberapa titik di Kecamatan Kendal," Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan pers, Senin(6/6/2022). 

Baca Juga

Tim kaji cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal melaporkan 5 titik lokasi terdampak angin kencang yakni di Kecamatan Kendal, yakni Kelurahan Karangsari, Patukangan, Kebondalem, Pakauman dan Pegulon. Selain rumah warga yang terdampak, petugas melaporkan satu rumah makan rusak berat, satu rumah makan rusak ringan dan dua unit kendaraan roda empat rusak sedang. 

"Pantauan terakhir pada Ahad (5/6/2022) malam, pohon tumbang yang menutup akses jalan dan menimpa rumah telah dilakukan pemotongan dan pembersihan oleh petugas, kondisi jalan telah kembali normal dan dapat dilalui," sebut Abdul. 

Sementara itu, beberapa rumah dengan kerusakan ringan pada bagian atap rumah di Kelurahan Karangsari telah dilakukan perbaikan oleh warga secara mandiri. 

"Petugas gabungan juga terus melakukan pendataan dan evakuasi pohon tumbang di beberapa titik lokasi," ujar Abdul. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman websitenya menulis peringatan dini untuk cuaca wilayah Jawa Tengah. Adapun peringatan dini tersebut berisi peringatan untuk waspada akan adanya potensi hujan sedang dan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di wilayah pegunungan, sebagian Pantai Utara, dan Pesisir Selatan pada siang, sore atau awal malam hari. 

"Jika terjadi cuaca ekstrem, warga diimbau tetap tenang dan tidak keluar rumah apabila tidak darurat, tidak berlindung di bawah pohon, bangunan semi permanen, dan baliho," ucap Abdul. 

BPBD Provinsi Jawa Tengah telah meneruskan informasi peringatan dini potensi hujan tersebut kepada BPBD Kabupaten dan Kota untuk diteruskan kepada pihak terkait serta masyarakat untuk waspada ancaman bencana hidrometeorologi.

Menyikapi adanya fenomena angin kencang yang kerap terjadi, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga tetap siaga dan waspada terhadap potensi cuaca ekstrem. Angin kencang merupakan peristiwa hidrometeorologis yang meningkat intensitasnya pada masa peralihan musim, umumnya terjadi di peralihan musim panas ke musim penghujan. 

"Warga juga dapat melakukan Langkah-langkah pencegahan menghadapi angin kencang seperti memastikan kekuatan struktur atap rumah. Selain itu, warga dapat memangkas ranting-ranting pohon yang berada di sekitar rumah dan sekitar akses jalan," sebut Abdul. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement