Jumat 10 Jun 2022 05:56 WIB

Mohamed Salah Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Versi Asosiasi Pemain Inggris

Salah menerima penghargaan Pemain Terbaik Versi PFA untuk kali kedua.

Red: Israr Itah
Pemain Liverpool Mohamed Salah mendapatkan PFA Award sebagai pemain terbaik Liga Primer Inggris musim 2021/2022 versi Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional Inggris (PFA)
Foto: AP/Jon Super
Pemain Liverpool Mohamed Salah mendapatkan PFA Award sebagai pemain terbaik Liga Primer Inggris musim 2021/2022 versi Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional Inggris (PFA)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerang Liverpool Mohamed Salah menyabet gelar pemain terbaik dari Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA). Pemilik nomor 11 di Anfield ini memenangkan penghargaan tahunan bergengsi untuk kedua kalinya, menyusul pencapaiannya pada musim 2017/18.

Salah diumumkan sebagai penerima penghargaan di PFA Awards pada Kamis (9/6/2022) malam. Rekan setimnya Sadio Mane dan Virgil van Dijk juga masuk dalam daftar enam kandidat terakhir.

Baca Juga

Ini kesembilan kalinya pemain Liverpool mendapatkan penghargaan tersebut. Salah adalah yang pertama memenangkannya dua kali saat bersama the Reds.

"Terima kasih banyak. Sangat menyenangkan, selalu, untuk memenangkan trofi individu atau kolektif. Yang ini besar. Saya sangat senang dan sangat bangga akan hal itu," katanya dikutip dari laman resmi Liverpool.

Ia mengatakan gelar ini sangat baik didapatkannya, terutama karena pemenangnya dipilih oleh para pemain. Menurut Salah, tentu saja ia menginginkan trofi Liga Primer Inggris dan Liga Champions terlebih dulu di atas segalanya. 

"Namun sebagai individu, ini menunjukkan kepada Anda sedikit bahwa Anda bekerja sangat keras dan Anda mendapatkan apa yang Anda kerjakan. Bukan hanya individu, secara kolektif, pasti tim didahulukan. Namun Anda memenangkan penghargaan dari jurnalis, juga penghargaan para pemain. Itu menunjukkan kepada Anda bahwa musim ini benar-benar bagus,” kata Salah.

Pemain internasional Mesir memainkan 51 pertandingan untuk The Reds musim lalu saat mereka mengangkat Piala FA Emirates dan Piala Carabao di Wembley. Liverpool juga finis sebagai runner-up di Liga Primer dan Liga Champions.

Salah mencetak 31 gol di semua kompetisi, naik ke urutan kesembilan dalam daftar pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa. Ia juga mencatatkan 15 assist.

Gol solonya yang menakjubkan melawan Manchester City di Anfield terpilih sebagai Goal of the Season Liga Primer. Salah menerima penghargaan Sepatu Emas dan Playmaker untuk masing-masing gol dan assist terbanyak di liga papan atas.

Salah juga telah terpilih sebagai Pemain Terbaik Pria Standard Chartered, Pemain Terbaik Asosiasi Penulis Sepak Bola Inggris Tahun Ini dan Pemain Terbaik PFA Fans Tahun Ini.

Tentang bagaimana pola pikirnya telah berubah selama bertahun-tahun, Salah punya jawaban. “Ketika Anda bertambah tua. Anda merasa lebih stabil, Anda mengatasi tekanan dengan lebih baik dan Anda tahu persis apa yang Anda inginkan dari sepak bola. Saya hanya mencoba untuk benar-benar santai dan membantu tim," kata dia.

Menurut Salah, itu mungkin jadi alasan ia memenangkan gelar Playmaker, karena ia lebih sadar akan permainan. Salah mengaku mencoba membuat rekan-rekannya juga lebih baik dan mencoba membuat dirinya lebih baik juga dalam permainan.

Pemenang PFA Award dari sebelumnya termasuk Terry McDermott (1980), Kenny Dalglish (1983), Ian Rush (1984), John Barnes (1988), Steven Gerrard (2006), Luis Suarez (2014), Salah (2018), dan Van Dijk (2019).

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement