Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

8 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sebelum Meninggal Akibat Kanker, Patrick Swayze Ungkap Sakitnya Seperti Masuk Neraka

Selasa 14 Jun 2022 17:30 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor Patrick Swayze dalam dokumentasi foto tahun 2004. Swayze meninggal pada 14 September 2009 akibat kanker pankreas.

Aktor Patrick Swayze dalam dokumentasi foto tahun 2004. Swayze meninggal pada 14 September 2009 akibat kanker pankreas.

Foto: EPA/Jacek Turczyk POLAND OUT
Patrick Swayze meninggal akibat kanker pada September 2009.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih ingat Patrick Swayze? Aktor Ghost itu meninggal pada September 2009 setelah sakit parah akibat kanker yang terdiagnosis setahun sebelumnya.

Salah satu gejala yang dialami Swayze termasuk sakit perut yang tak tertahankan. Dalam sebuah wawancara dengan ABC pada Januari 2009, bintang Dirty Dancing itu mengatakan, "Saya mencoba minum sampanye, dan itu rasanya seperti menuangkan asam pada luka terbuka."

Baca Juga

Wawancara dilakukan setahun setelah Swayze didiagnosis menderita kanker pankreas stadium 4. Kanker ini telah menyebar ke bagian lain dari tubuhnya dan rasa sakitnya seperti masuk neraka, menurut Swayze.

Pankreas adalah kelenjar yang terletak di belakang perut. Organ ini menghasilkan banyak enzim pencernaan.

"Kondisi ini dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh, menyebabkan masalah pencernaan, sakit parah dan penyakit kuning," jelas Mayo Clinic, seperti dilansir laman Express, Selasa (14/6/2022).

Ketika reporter bertanya apakah Swayze takut, dia menjawab: "Saya tidak tahu. Entah saya terlalu jujur ​​atau bodoh untuk mengatakan 'tidak', tapi saya harus mengatakan 'ya'. Anda bisa bertaruh bahwa saya akan melalui neraka, dan saya baru melihat awalnya saja."

Selama pertempuran kankernya, Swayze menjalani kemoterapi. Dia juga mengikuti pengobatan eksperimental yang dikenal sebagai vatalanib, obat yang hingga hari ini masih menjalani uji klinis di AS.

"Ada banyak ketakutan di sini. Ada banyak hal yang terjadi. Ya, saya takut. Ya, saya marah. Ya, saya (bertanya-tanya) mengapa saya. Ya, saya merasakan semua ini," kata Swayze dalam wawancara tahun 2009.

Pada saat diagnosisnya, dokter menemukan tumor di bagian tengah tubuh Swayze serta massa kecil di hatinya. Menurut National Health Services (NHS) di Inggris, kanker pankreas akan memicu penyakit kuning dan menyebabkan suhu tinggi serta kelelahan.

Gejala lain termasuk merasa kembung, diare, dan merasa sakit. Rincian tambahan tentang diagnosis Swayze, termasuk gejala yang dialaminya, diungkapkan oleh istrinya Lisa Niemi Swayze pada November 2020 sebagai bagian dari Bulan Peduli Kanker Pankreas.

"Patrick, dia sedang tidak enak badan. Dia mengalami sakit perut terus-menerus. Anda tahu, saya tidak terlalu memperhatikan karena dia memang memiliki jenis perut yang rewel."

"Lalu, suatu hari dia berjalan ke arah saya dan dia bertanya 'hei, apakah mata saya terlihat kuning?' Saya memeriksanya dan saya menjawab 'ya, betul'."

Baca juga : Tanda Peringatan Kanker di Area Wajah yang Kerap Diabaikan

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile