Jumat 17 Jun 2022 03:08 WIB

Jerman akan Kirim Peluncur Roket ke Ukraina pada Akhir Juli

Slovakia mengirimkan 5 helikopter ke Ukraina sebagai bagian dari bantuan militer.

Red: Friska Yolandha
Jerman mengatakan negara itu dapat mengirim peluncur roket ganda ke Ukraina mulai bulan depan.
Jerman mengatakan negara itu dapat mengirim peluncur roket ganda ke Ukraina mulai bulan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Jerman mengatakan negara itu dapat mengirim peluncur roket ganda ke Ukraina mulai bulan depan. Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht menegaskan bahwa negaranya dapat mulai mengirimkan tiga peluncur roket ganda yang dijanjikan "pada akhir Juli atau awal Agustus" ke Ukraina.

“Pelatihan peluncur roket ganda ini dapat dimulai pada akhir Juni,” ucap Lambrecht kepada wartawan dalam perjalanan ke pertemuan menteri pertahanan NATO.

Baca Juga

Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad juga mengumumkan bahwa lima helikopter yang disumbangkan Slovakia telah tiba dengan selamat di Ukraina. Bantuan tersebut termasuk empat helikopter Mi-17 dan satu helikopter Mi-2 yang telah digantikan oleh helikopter UH-60M Black Hawk oleh tentara Slovakia.

Bersama Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov, Sekretaris Jenderal NATO Jens mengatakan para menteri pertahanan NATO membahas dukungan nyata yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk Ukraina. KTT para pemimpin NATO akan diadakan pada 29-30 Juni di Madrid.

Menurut Stoltenberg, para pemimpin NATO akan menyepakati paket bantuan komprehensif untuk Ukraina dan membantu Ukraina dalam transisi dari peralatan era Soviet ke peralatan NATO modern.

Lebih dari 4.452 warga sipil telah tewas di Ukraina sejak Rusia melancarkan perang terhadap Ukraina pada 24 Februari. Lebih dari 14 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka, termasuk lebih dari 7,5 juta yang telah melarikan diri ke negara lain, menurut data PBB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement