Kamis 30 Jun 2022 07:47 WIB

Cara Terbaik Menyeduh Kopi Menurut Sains

Setiap orang memiliki cara tersendiri menyeduh kopi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Setiap orang memiliki cara tersendiri menyeduh kopi.
Foto: Pixabay
Setiap orang memiliki cara tersendiri menyeduh kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi para pecinta kopi, menikmati secangkir kopi sebelum menjalani aktivitas telah menjadi ritual wajib. Namun pertanyaannya kemudian, bagaimana cara menyeduh kopi terbaik sendiri di rumah? 

Situs web kopi online Homegrounds mengatakan bahwa sebetulnya setiap orang memiliki cara tersediri dalam menyeduh kopi terbaiknya. Namun Homegrounds menyarankan penggunaan French Press karena ini bisa membuat secangkir kopi jadi lebih kaya rasa dan bertekstur. 

Baca Juga

"French Press bisa meracik kopi yang lebih kaya dibandingkan mesin kopi drip-fed yang lainnya," jelas Homegrounds seperti dilansir dari Mashed, Kamis (30/6/2022).

Sementara Perfect Daily Grind merekomendasikan metode "pour-over", di mana air panas dituangkan perlahan di atas bubuk kopi pada filter. Metode ini, meskipun sedikit lebih lambat daripada metode lainnya, tetapi cara itubagus untuk mengekstraksi minyak dan wewangian kopi, memungkinkan secangkir kopi yang lebih kaya. 

Sementara menurut sains, cara menyeduh kopi terbaik itu adalah metode seduh atau decoction. Menurut Dr Kate Biberdorf, cara terbaik untuk menyeduh kopi adalah melalui metode seduh. Metode ini dijelaskan oleh Biderdorf dalam bukunya "It's Elemental" metode decoction adalah ketika air yang sangat panas dituangkan di atas bubuk kopi yang kasar, mirip dengan metode tuang. 

"Ampas kopi harus dibiarkan terendam dalam air selama beberapa menit sebelum air dituang, lalu perlahan-lahan dituangkan ke dalam wadah lain, seperti cangkir kopi," kata Biderdof.

Meskipun ini terdengar mirip dengan metode pembuatan kopi lainnya, Biberdorf menjelaskan bahwa ada beberapa perbedaan yang sangat tepat dalam proses decoction yang memisahkan metode ini dari teknik pembuatan kopi lainnya. Air, misalnya, harus panas tetapi tidak mendidih. Sebaiknya pada 205 derajat, tepat di bawah titik didih 212 derajat. 

Jika air berada pada atau di atas titik didih, rasa pahit kopi akan meresap dan menguap oleh air mendidih. Satu-satunya kelemahan pada proses ini adalah tidak ada proses penyaringan, sehingga akan masih ada ampas kopi yang mengambang di dalam kopi. Jika Anda lebih suka kopi yang pekat dan kental, Anda bisa mencoba metode decoction. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement