Selasa 27 Sep 2011 17:10 WIB

Besok, Feeder Busway Resmi Beroperasi

Rep: Nawang Fatma Putri/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON SIRIH - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, menuturkan pengguna Transjakarta sudah dapat menikmati feeder busway yang terintegrasi dengan koridor busway, besok, Rabu (28/9). "Feeder Busway ini rencananya memiliki tiga rute," kata Pristono.

Pristono menjelaskan, koridor busway yang terintegrasi dengan feeder busway yakni di Rute 1 feeder terintegrasi Koridor III (Kalideres-Harmoni) dan Koridor VIII (Lebakbulus-Harmoni), Rute 2 Feeder terintegrasi dengan Koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor II (Pulogadung-Harmoni) serta Rute 3 feeder terintegrasi dengan Koridor I dan Koridor IX (Pinangranti-Pluit).

Total jumlah halte yang disiapkan untuk ketiga rute ini ada 19 halte, dengan perhitungan delapan halte di rute satu, lima halte di rute dua, dan enam halte di rute tiga. " Masing-masing halte dibangun dengan undakan tangga, karena bus feeder memiliki dek tinggi sama seperti bus Transjakarta," kata Pristono saat ditemui di Balai Kota.

Sementara untuk lintasan yang akan dilalui busway ini, diterangkan Pristono, Rute 1 akan melintasi RS Puri Indah-Walikota Jakarta Barat- Pasar Puri Sisi Utara-Pasar Puri Sisi Selatan-Mutiara Kedoya Sisi Timur-Kedoya Raya Sisi Barat-Kembangan Sisi Selatan-Pesanggrahan sisi timur-transfer poin koridor VIII-transfer point Koridor III.

 Lintasan rute 2 adalah Jatibaru – Abdul Muis sisi barat – IRTI sisi selatan – Abdul Muis sisi timur (Kemenhub) – Jl Fahrudin sisi barat – transfer point Koridor II – transfer point Koridor I. Sementara untuk rute 3 mencakup area BEJ-Komdak-Gelora Senayan-Plaza Senayan-Senayan Trade Center-Transfer poin Koridor I dan transfer point Koridor IX.

"Semua ini kita lakukan sebagai upaya pembenahan transportasi massal. Jadi tidak hanya menambah jumlah koridor busway saja," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement