Kamis 30 Jun 2011 14:12 WIB

Chasan Sochib Dimakamkan Dekat Kuburan Si Buta dari Goa Hantu

Rep: Muhammad Fakhruddin/ Red: Didi Purwadi
Sejumlah pelayat menyalatkan jenazah TB Chasan Sohib, tokoh dan deklarator Provinsi Banten yang juga ayah dari Gubernur Ratu Atut Chosiyah, di Serang, Kamis (30/6).
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sejumlah pelayat menyalatkan jenazah TB Chasan Sohib, tokoh dan deklarator Provinsi Banten yang juga ayah dari Gubernur Ratu Atut Chosiyah, di Serang, Kamis (30/6).

REPUBLIKA.CO.ID,SERANG – Isak tangis mewarnai pemakaman ayah kandung Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chasan Sochib, Kamis (30/6) siang. Jasad almarhum dikuburkan di Pemakaman Ratu, Desa Pesangrahan, Kampung Lemburjero, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang.

Chasan Sochib dikuburkan di sisi makam ayahnya, Tubagus Sochib dan ibunya, Ratu Rofiah. Kuburannya juga berdekatan dengan makam anak angkatnya, Ratno Timoer, aktor era tahun 70-an yang terkenal sebagai pemeran pendekar buta, Badra Mandrawata, Si Buta dari Goa Hantu.

Prosesi pemakaman dilakukan secara militer dipimpin Dandim Serang, Letnan Kolonel Wahyu Widodo. Ratusan warga Banten memadati lokasi pemakaman untuk melepas kepergian almarhum. Sejumlah kepala daerah dan pejabat teras di lingkungan Provinsi Banten tampak hadir dalam upacara pemakaman. Hadir juga sejumlah tokoh nasional seperti Ketua Penasehat Partai Golkar, Akbar Tanjung, dan mantan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Taufiqurrahman Ruqi.

Chasan Sochib meninggal di usia 84 tahun. Almarhum meninggalkan 3 orang istri dan 24 anak. “Kami minta maaf apabila ada kesalahan yang dilakukan almarhum semasa hidupnya, baik yang disengaja maupun tak disengaja,” kata Ratu Atut Chosiyah. “Semoga iman Islam dan amal ibadahnya diterima di sisi-Nya.”

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement