Senin 04 Jul 2022 16:12 WIB

Cinta dan Benci Kyoto dengan Turis Asing

Kedatangan wisatawan membawa berkah tetapi juga kewalahan dengan jumlah mereka.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Istana Ninomaru, Kyoto, Jepang. Jepang kembali membuka diri untuk menerima wisatawan asing.
Foto: republika/joko sadewo
Istana Ninomaru, Kyoto, Jepang. Jepang kembali membuka diri untuk menerima wisatawan asing.

REPUBLIKA.CO.ID, KYOTO -- Jepang kembali membuka diri untuk menerima wisatawan asing. Keputusan ini menjadi pedang bermata dua bagi warga lokal yang bisa terdorong perekonomiannya, hanya saja berhadapan dengan perilaku tidak menyenangkan hingga kondisi kewalahan terlalu banyak tamu.

Dikenal dengan jalan-jalan sempit rumah teh dan penginapan "ryokan", Kyoto sangat terpukul dan sangat lega karena tidak adanya turis asing. Pembukaan Jepang terhadap pariwisata massal selama dekade terakhir membawa dorongan ekonomi, rekor 32 juta turis yang dikunjungi pada 2019 dan menghabiskan sekitar 38 miliar dolar AS. Namun, itu juga menyebabkan keluhan perilaku buruk di situs-situs seperti kuil Kyoto.

Baca Juga

Dengan yen yang terlemah dalam lebih dari dua dekade dan kebangkitan dalam perjalanan global, hotel-hotel yang terpukul keras di Kyoto dan toko-toko manisan tradisional seharusnya bersiap untuk lonjakan pariwisata. Sebaliknya, hanya beberapa pengunjung yang masuk karena Jepang mengizinkan sejumlah kecil wisatawan untuk memasuki negara itu setelah mengurangi pembatasan pada Juni.

Jutaan turis dari China, Korea Selatan, dan Asia Tenggara biasa memadati pasar Nishiki. Penduduk setempat sering merasa kewalahan dan banyak yang berhenti datang.

Perdana Menteri Fumio Kishida terlihat berpegang pada pelonggaran langkah-langkah bertahap setelah memenangkan dukungan publik untuk menutup perbatasan tahun lalu. Dia akan menghadapi serangan balasan jika pengunjung memicu kasus Covid-19 baru.

Pemilik Sengyo Kimura, toko ikan segar di pasar Nishiki yang beroperasi sejak 1620, Kaoru Kimura mengatakan, dia ingin turis kembali, hanya saja tidak banyak yang datang. Toko yang dikelola keluarga itu dibanjiri pengunjung sebelum pandemi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement