Selasa 05 Jul 2022 15:01 WIB

Debut di Akhir Pekan, Minions: The Rise of Gru Raup Rp 1,62 Triliun

'Minions: The Rise of Gru' raup Rp 1,62 triliun di Amerika Serikat (AS).

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Poster film Minions: The Rise of Gru. Kisah Gru dan para Minions ini telah tayang di bioskop sejak Rabu (29/6/2022).
Foto: Dok Illumination
Poster film Minions: The Rise of Gru. Kisah Gru dan para Minions ini telah tayang di bioskop sejak Rabu (29/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Penonton keluarga menyambut baik kehadiran film Minions: The Rise of Gru. Pada debut akhir pekannya, film meraup pendapatan 108,5 juta dolar AS (setara dengan Rp 1,62 triliun) di Amerika.

Universal Pictures mengumumkan angka itu didapat penjualan tiket per Ahad (3/7) dari 4.391 layar di Amerika Utara. Pendapatan itu diduga terus bertambah sebab 4 Juli adalah hari perayaan kemerdekaan AS.

Baca Juga

Pemilihan waktu tayang film dianggap sudah tepat, bahkan tercatat sebagai pembukaan terbesar yang pernah ada untuk liburan akhir pekan 4 Juli di AS. Sebelumnya, rekor dipegang oleh Transformers: Dark of the Moon.

Pada 2011, Transformers: Dark of the Moon menghasilkan 115,9 juta dolar AS selama empat hari pertama penayangan pada akhir pekan libur kemerdekaan. Selama empat hari, Minions: The Rise of Gru diyakini melampaui itu.

Angka yang sudah disebutkan merupakan penghasilan Minions: The Rise of Gru di Amerika saja. Sinema yang diputar di 61 negara itu diprediksi meraup pendapatan kotor global hingga 202,2 juta dolar AS per Ahad (3/7/2022).

"Ini debut yang luar biasa. Film diterima dengan sangat luas di seluruh Amerika Utara. Setiap pasar bekerja dengan sangat baik," kata presiden distribusi domestik Universal Pictures, Jim Orr, dikutip dari Fox news, Selasa (5/7/2022).

Minions: The Rise of Gru merupakan lanjutan film Minions yang tayang pada 2015. Spin-off dari rangkaian film Despicable Me itu tertunda dua tahun sejak Juli 2020 karena pandemi Covid-19.

Film melibatkan pengisi suara Steve Carell sebagai Gru, Pierre Coffin sebagai para Minions, Julie Andrews sebagai ibu Gru, juga Alan Arkin, Michelle Yeoh, dan lainnya. Peringkat film di Rotten Tomatoes 72 persen.

Universal dan Illumination telah sukses besar dengan lima film dan spin-off dari Despicable Me. Sejak 2010, rangkaian film itu telah menghasilkan lebih dari 3,7 miliar dolar AS di box office global.

Orr berpendapat, Minions: The Rise of Gru jadi bukti orang tua sudah nyaman membawa anak-anak untuk kembali ke bioskop. Menurut survei PostTrak, 12 persen penonton film berusia di bawah 10 tahun.

"Selama berbulan-bulan ada pendapat bahwa penonton keluarga tidak akan kembali ke bioskop. Sekarang kita bisa menyangkalnya," ujar analis media senior untuk Comscore, Paul Dergarabedian.

Terkait Minions yang sukses besar, Dergarabedian juga berpendapat ada aspek pemilihan waktu yang tepat, yakni liburan akhir pekan. Selain tanggal rilis sempurna, pemasarannya tepat, dan film hanya tayang di bioskop.

Comscore merilis perkiraan penjualan tiket sepanjang Jumat hingga Ahad (1/7-3/7) di bioskop Amerika Utara (AS dan Kanada). Karena masa liburan berlangsung hingga Senin, angka domestik final akan dirilis Selasa.

Setelah Minions: The Rise of Gru, di tempat kedua ada Top Gun: Maverick dengan pendapatan tiga hari sebesar 25,5 juta dolar AS. Disusul film biografi Elvis dengan 19 juta dolar AS.

Jurassic World: Dominion menempati posisi keempat dengan pendapatan 15,7 juta dolar AS. Selanjutnya, ada The Black Phone (12,3 juta dolar AS), Lightyear (6,6 juta dolar AS) di tempat kelima dan keenam.

Peringkat tujuh ditempati Mr Malcolm’s List (851.853 dolar AS). Tempat kedelapan sampai kesepuluh antara lain Everything Everywhere All at Once (551.974 dolar AS), Doctor Strange in the Multiverse of Madness (390 ribu dolar AS), dan JugJugg Jeeyo (318 ribu dolar AS).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement