Sabtu 09 Jul 2022 05:50 WIB

Ini Jasa Shinzo Abe untuk Muslim Jepang

Shinzo Abe membangun ruang sholat hingga menyediakan makanan halal

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe yang menjalin hubungan baik dengan muslim Jepang.
Foto: AP/Shizuo Kambayashi, File
Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe yang menjalin hubungan baik dengan muslim Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO – Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memberikan banyak perubahan di Jepang. Salah satunya berkaitan dengan komunitas muslim di negara tersebut.

Abe menjalin hubungan baik dengan muslim Jepang. Pandangannya tentang muslim semakin terbentuk setelah bencana tsunami Fukushima pada 2011. Kala itu, Abe mengunjungi banyak kamp bantuan dan operasi penyelamatan.

Ia menyaksikan banyak muslim menjadi garda terdepan membantu korban bencana tsunami, bahkan sebelum pemerintah bisa menjangkau daerah-daerah terdampak.

“Apa yang dia temukan adalah Muslim, khususnya dari Pakistan. Komunitas Muslim telah mencapai tempat-tempat yang terkena dampak tsunami jauh sebelum pemerintah dan kelompok Jepang lain sampai di sana,” kata pengusaha dari Osaka yang enggan disebut namanya, dikutip Anadolu Agency, Jumat (8/7/2022).

Setelah Abe kembali terpilih sebagai perdana menteri pada tahun 2012, lanjut dia, Abe membalas budi dengan terus berhubungan dengan komunitas muslim bahkan membangun serta memperbanyak ruang sholat.

"Dia membangun ruang sholat di sepanjang jalan raya dan di banyak bandara,” ucap dia.

Selain itu, Abe juga membangun ruang khusus bagi Muslim di Pusat Bahasa Jepang untuk pelajar dan profesional asing. Tak hanya itu, ia juga memberikan perhatian pada makanan halal. Dia meminta restoran-restoran di Jepang menyediakan makanan halal.

“Di restoran-restoran besar, dia meminta pemiliknya untuk menyediakan makanan halal untuk Muslim. Di masa lalu, hal seperti ini jarang terjadi,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement