Selasa 12 Jul 2022 14:53 WIB

9 Makanan yang Bisa Bantu Tingkatkan Hormon Bahagia dalam Tubuh

Dopamin berkontribusi pada gerakan, memori, suasana hati dan perhatian.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Kopi (ilustrasi). Kopi merupakan salah satu makanan yang bisa meningkatkan dopamin atau hormon bahagia dalam tubuh.
Foto: PixaHive
Kopi (ilustrasi). Kopi merupakan salah satu makanan yang bisa meningkatkan dopamin atau hormon bahagia dalam tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dopamin adalah hormon yang diproduksi di kelenjar adrenal tubuh. Dopamin adalah neurotransmitter yang memainkan peran integral dalam fungsi berbagai tindakan dalam tubuh dan otak.  

Beberapa fungsi utama dopamin adalah untuk berkontribusi pada gerakan, memori, suasana hati, perhatian dan sebagainya. Tubuh kita memerlukan tingkat dopamin yang cukup. 

Baca Juga

Dilansir dari ndtv pada Selasa (12/7), gaya hidup, apa yang kita makan, seberapa sering berolahraga dan sebagainya berkontribusi pada tingkat dopamin dan 'hormon bahagia' dalam tubuh.  

 

Berikut makanan yang dapat membantu diri senang yaitu:

1. Ikan

Ikan kaya akan protein yang juga membuatnya kaya akan berbagai asam amino.  Asam amino telah terbukti membantu produksi dopamin dalam tubuh.

2. Unggas

Mirip dengan ikan dan makanan berprotein tinggi lainnya, daging unggas kaya akan asam amino. Unggas juga membantu meningkatkan dopamin tanpa meningkatkan nafsu makan.

3. Produk susu

Produk susu seperti susu, keju, yogurt, dll. adalah sumber asam amino yang bagus untuk vegetarian.  Keju dan yogurt khususnya sangat meningkatkan produksi hormon bahagia dalam tubuh.

4. Stroberi

Stroberi tidak hanya meningkatkan produksi dopamin tetapi juga serotonin.  Stroberi juga merupakan sumber antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal eksternal sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.  Padahal berbagai buah lain telah terbukti dapat meningkatkan produksi dopamin.

5. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau yang secara ilmiah disebut kelompok sayuran cruciferous ini terdiri dari selada, bayam, kol, kangkung, kembang kol, brokoli, dan masih banyak lagi. Sayuran hijau bisa menjadi penguat dopamin yang bagus untuk vegan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement