Kamis 21 Jul 2022 08:23 WIB

Guardiola Ungkap City Sudah Kantongi Nama Bek Kiri Anyar, Berasal dari Spanyol

Mantan pemain Barca itu baru setahun merumput di Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola berjalan untuk merayakan setelah memenangkan gelar Liga Inggris 2022 di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, Ahad (22/5/2022) malam WIB.
Foto: AP/Dave Thompson
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola berjalan untuk merayakan setelah memenangkan gelar Liga Inggris 2022 di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, Ahad (22/5/2022) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Manchester City dikabarkan telah mencapai kata sepakat dengan Arsenal soal rencana kepindahan bek kiri asal Ukraina, Oleksandr Zinchenko. Berpotensi kehilangan salah satu pilihan utama di posisi bek kiri, The Citizens disebut-sebut tengah bersiap untuk berburu bek kiri anyar. 

Sejumlah nama pemain sempat sempat muncul upaya The Citizens menambal lubang di sisi kiri pertahanan tersebut. Nama pemain yang paling santer disebut adalah bek kiri Brighton and Hove Albion, Marc Cucurella. Guardiola disebut-sebut kepincut dengan aksi mantan penggawa Barcelona tersebut. 

Baca Juga

Baru satu musim merumput di Liga Primer Inggris bersama The Seagulls, pemain asal Spanyol itu langsung mampu beradaptasi dan tampil impresif serta hanya absen di tiga laga Liga Primer Inggris musim lalu. Cucurella bahkan terpilih menjadi pemain terbaik Brighton pada musim lalu. 

Guardiola tidak menampik soal peluang The Citizens untuk mendatangkan mantan pemain yang bisa ditempatkan sebagai winger kiri tersebut. Pelatih asal Spanyol itu cukup yakin, Direktur Olahraga City, Txiki Begiristain, sudah mengantongi nama-nama pemain incaran The Citizens di bursa transfer, termasuk soal kemungkinan menghadirkan bek kiri baru. 

''Kami akan melihat. Saya kira, Txiki dan tim scouting sudah memiliki nama di semua posisi bermain. Txiki sudah paham dan tahu betul apa yang harus dia lakukan serta yang terbaik buat tim ini,'' ujar Guardiola seperti dikutip Sky Sports, Selasa (21/7/2022). 

Kendati dikabarkan telah memulai negosiasi dengan Brighton, City masih menemui kendala untuk membujuk The Seagulls, terutama soal besaran nilai transfer Cucurella. The Seagulls baru bersedia melepas pemain yang masih memiliki sisa kontrak selama empat tahun tersebut dengan banderol transfer sebesar 50 juta euro. 

Di sisi lain, City hanya mau membayar dengan nilai transfer seebsar 30 juta euro. Apabila gagal mendapatkan Cucurella, City disebut-sebut telah mengantongi nama lain. Adalah bek kiri Stuttgart, Borna Sosa, yang masuk dalam radar juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut. 

Sosa dapat menjadi opsi pemain yang lebih murah dibanding mendatangkan Cucurella. Namun, Cucurella tetap menjadi prioritas utama dalam mengisi posisi bek kiri. Kepergian Zinchenko ke Arsenal sepertinya tinggal menunggu waktu. Guardiola pun mengungkapkan telah mengucapkan salam perpisahan kepada bek berusia 25 tahun tersebut. 

Kabarnya, Arsenal siap menyediakan dana transfer sebesar 32 juta poundstelring untuk menebus Zinchenko. Tawaran The Gunners ini pun sudah diterima oleh The Citizens.

''Kemarin adalah waktu yang cukup menyenangkan. Kami masih mengucapkan salam perpisahan yang lebih layak kepada Oleks (Zinchenko). Sayangnya, kondisi itu tidak terjadi pada Gabriel (Jesus) dan Raheem (Sterling), karena kepindahan mereka bertepatan dengan waktu liburan musim panas,'' ujar eks pelatih Barcelona tersebut. Dengan potensi kepergian Zinchenko, 

Guardiola memang memiliki opsi yang kian terbatas di posisi bek kiri. Bahkan, City terbilang tidak memiliki pemain yang berposisi utama sebagai bek kiri. Joao Cancelo, yang kerap dipercaya tampil di sisi kiri pertahanan, sebenarnya berposisi asli sebagai bek sayap kanan.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement