Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

14 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Gelaran Piala Presiden 2022 Versi Bulu Tangkis Segera Dimulai, Catat Tanggalnya

Selasa 26 Jul 2022 00:25 WIB

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti jadi salah satu pasangan yang akan bermain di Piala Presiden 2022.

Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti jadi salah satu pasangan yang akan bermain di Piala Presiden 2022.

Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Atlet-atlet papan atas akan mengikuti turnamen dalam negeri ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PP PBSI terus bergerak untuk mencari bibit berbakat, penerus pemain bulu tangkis Indonesia. Salah satunya dengan menggelar kejuaraan bulu tangkis Piala Presiden 2022.

Kejuaraan bulu tangkis Piala Presiden yang baru kali pertama diselenggarakan sejak organisasi PBSI berdiri di Bandung tahun 1951 ini bakal berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, 1-6 Agustus 2022. Ajang ini memperebutkan total hadiah Rp 1 miliar

Baca Juga

"Ini merupakan sebuah sejarah baru di Indonesia, di mana digelar sebuah kejuaraan bulutangkis dengan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. Upaya PP PBSI yang memperjuangkan adanya kejuaraan Piala Presiden, akhirnya bisa terwujud," tutur Ketum PP PBSI Agung dalam konferensi pers di Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, Senin (25/7) sore.

Ia mengatakan, proses menggelar Piala Presiden ini cukup kompleks. "Namun, berkat dibantu Bapak Maruarar Sirait sebagai Ketua Steering Committee, sehingga semuanya bisa berjalan lancar," ujar Agung.

Agung mengatakan, ajang yang baru pertama kali diselenggarakan ini bertujuan untuk menjaring bibit-bibit terbaik masa depan bulutangkis Indonesia. Langkah ini sebagai estafet regenerasi untuk menjaga prestasi dan supremasi bulutangkis Indonesia di pentas dunia. Selain itu, ajang ini sekaligus untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam kejuaraan ini, para pemain akan berlaga dengan membela provinsinya masing masing. Daerah dengan jumlah raihan medali emas terbanyak, akan berhak atas trofi bergilir Piala Presiden.

Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk, Julius Aslan, mengungkapkan dukungan Adaro terhadap kejuaraan bulutangkis Piala Presiden ini. Menurut dia, ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami menjadi bagian dari Kejuaraan Bulutangkis Piala Presiden 2022. 

Ia mengatakan, ini sejalan dengan misi Adaro untuk meningkatkan kontribusi perusahaan bagi Indonesia untuk kemajuan Indonesia, kami sangat mendukung upaya-upaya yang dilakukan demi pengembangan olahraga nasional kita. 

"Untuk itu, Adaro ingin hadir mendukung putra-putri bangsa yang mempunyai tekad kuat mengharumkan nama bangsa melalui olahraga bulutangkis. Kami berharap, melalui ajang ini akan muncul atlet-atlet muda bertalenta yang akan menorehkan prestasi di kejuaraan bulu tangkis baik nasional maupun internasional," kata Julius Aslan.

Demi suksesnya kejuaraan, panitia juga telah menggelar sayembara design Piala Presiden yang diikuti peserta dengan 130 karya. Akhirnya terpilih karya seniman asal Garut bernama Mohammad Mufti Al Rajab. Pembuatan piala pun dilakukan oleh karya anak bangsa di Bandung.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden, Armand Dharmadji, berdasarkan pendaftaran yang sudah ditutup tanggal 19 Juli lalu, total jumlah peserta adalah 620 atlet yang berasal dari 30 provinsi seluruh Indonesia. Provinsi yang tidak mengirimkan atletnya adalah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Ia mengatakan, kejuaraan Piala Presiden 2022 total mempertandingkan 11 nomor. Yaitu, tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak (U-13), tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U-15), serta tunggal dan ganda putra-putri, dan ganda campuran kelompok remaja (U-17).

"GOR Nanggala akan kami sulap menjadi arena pertandingan bulutangkis dengan total enam lapangan. Kami juga akan membuka tenant-tenant UMKM di pelataran parkir GOR Nanggala sebagai bentuk dukungan ekonomi kerakyatan," sebut Armand.

Anthony Sinisuka Ginting menilai ajang ini sangat bermanfaat bagi pemain muda Indonesia. "Dulu kita-kita yang di Pelatnas ini sempat main level nasional U13 hingga U17. Ini sangat penting, even yang baik, semoga muncul bibit baru yang nantinya bisa gabung pelatnas ikut jejak dan melebihi para seniornya," kata dia.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile