Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kopi yang Sudah Dingin, Amankah Dikonsumsi?

Jumat 29 Jul 2022 00:15 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Kopi panas yang didiamkan di suhu ruang cenderung berubah rasa, amankah diminum?

Kopi panas yang didiamkan di suhu ruang cenderung berubah rasa, amankah diminum?

Foto: Pixabay
Kopi panas yang didiamkan di suhu ruang cenderung berubah rasa, amankah diminum?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengingat rasa kopi yang enak, banyak orang yang langsung menikmati kopi panas, dan ada pula yang membiarkannya dulu sejenak sampai kopi mulai mendingin. Lalu, berapa lama jeda waktu sampai kopi mulai terasa tidak baik untuk diminum?

Ketika membeli kopi di kedai kopi, biasanya mereka memberi wadah yang memang membuat kopi tetap terasa panas sampai waktu yang ditentukan. Namun, ada juga beberapa orang yang memilih untuk menuangnya ke sebuah piring agar cepat mendingin.

Baca Juga

Ketika kopi mendingin dan kehilangan kesegarannya, ternyata ini akan mengubah rasa kopi. Setelah sekitar 30 menit pada suhu ruang, rasa kopi akan sangat berkurang. Tetapi jika tidak peduli dengan rasa, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Sementara, kopi yang sudah didiamkan satu hari akan terasa sangat berbeda dan tidak baik untuk dikonsumsi. Walaupun masih relatif aman untuk diminum. 

“Kita bisa minum kopi lama jika itu kopi hitam dan tanpa susu,” kata Ahli Diet, Supriya Lal, dilansir dari Live Strong, Jumat (29/7/2022).

Menurut CDC, ketika membeli kopi di kedai kopi, kopi harus disajikan dengan kondisi panas mengepul. Hindari kopi hangat yang memiliki kehangatan seperti suhu ruangan yang telah didiamkan karena ada risiko kontaminasi yang lebih tinggi.

Tidak banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan berapa lama waktu yang baik sampai kopi yang diseduh menjadi buruk. Sebagian besar bukti masih bersifat anekdot, sementara beberapa sumber mengatakan waktu maksimal kopi untuk dikonsumsi adalah 24 jam.

Ada juga yang menyarankan meminum kopi setelah maksimal didiamkan dalam waktu empat jam pada suhu kamar atau beberapa hari jika didinginkan. Menurut USDA, aturan umumnya adalah maksimal waktu dua jam untuk makan makanan yang tersisa pada suhu kamar, tapi tidak jelas apakah ini berlaku untuk kopi juga.

“Jika kopi ditambah dengan bahan-bahan seperti susu atau produk susu lainnya, maka itu harus disimpan dengan benar di lemari es dan dipanaskan kembali sebelum diminum untuk menurunkan risiko penyakit bawaan makanan,” kata Lal.

Menurut USDA, susu dapat bertahan di lemari es hingga tujuh hari. Kopi dengan susu atau krimer kopi di dalamnya mungkin aman untuk diminum hingga sepekan saat didinginkan, tetapi mungkin tidak seenak kopi yang baru diseduh. Lalu mendinginkan kopi, memiliki sedikit perubahan aturan. Untuk membantu kopi yang diseduh bertahan di lemari es, pastikan untuk menyimpannya dengan benar.

Simpan kopi yang diseduh sendiri dalam wadah tertutup dan letakkan di lemari es. Minumlah dalam kurun waktu 72 jam, untuk memastikan kesegaran dan kualitasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile