Rabu 03 Aug 2022 09:31 WIB

AS Setujui Penjualan Rudal ke Saudi dan UEA

AS telah menyetujui penjualan 300 rudal Patriot ke Arab Saudi .

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah menyetujui penjualan 300 rudal Patriot ke Arab Saudi dalam kesepakatan senilai 3,05 miliar dolar AS.
Foto: REUTERS
Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah menyetujui penjualan 300 rudal Patriot ke Arab Saudi dalam kesepakatan senilai 3,05 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah menyetujui penjualan 300 rudal Patriot ke Arab Saudi dalam kesepakatan senilai 3,05 miliar dolar AS. Selain itu, Washington juga menyetujui kesepakatan penjualan rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) senilai 2,25 miliar dolar AS ke Uni Emirat Arab (UEA).

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Pentagon, AS mengatakan, Riyadh meminta PATRIOT MIM-104E Guidance Enhanced Missile-Tactical Ballistic Missiles (GEM-T).  Penjualan juga akan mencakup alat-alat lain dan peralatan uji.

Baca Juga

"Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat dengan meningkatkan keamanan negara mitra yang merupakan kekuatan untuk stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di kawasan Teluk," kata pernyataan Pentagon, dilansir Alarabiya, Rabu (3/8/2022).

Pentagon menambahkan, penjualan ini akan meningkatkan kemampuan Arab Saudi untuk menghadapi ancaman saat ini dan masa depan dengan mengisi kembali persediaan rudal PATRIOT GEM-T yang semakin menipis. Pernyataan ini mengutip serangan drone dan rudal balistik “Houthi lintas batas” di situs-situs sipil dan infrastruktur penting di Arab Saudi.