Kamis 04 Aug 2022 14:38 WIB

Badan Antariksa Eropa Rekrut Shaun 'The Sheep' untuk Misi ke Bulan

Shaun menjadi salah satu astronot persama yang terbang dalam misi Artemis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Shaun, karakter utama dari serial TV stop-motion Aardman Shaun the Sheep, berpose dengan model pesawat ruang angkasa Orion dan modul layanan Eropa. Shaun terbang dengan Artemis 1 Official Flight Kit (OFK) atas nama ESA
Foto: European Space Agency
Shaun, karakter utama dari serial TV stop-motion Aardman Shaun the Sheep, berpose dengan model pesawat ruang angkasa Orion dan modul layanan Eropa. Shaun terbang dengan Artemis 1 Official Flight Kit (OFK) atas nama ESA

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Shaun, karakter utama dari serial televisi animasi Shaun the Sheep, telah ditugaskan untuk misi Artemis 1 Badan Antariksa Amerika (NASA), yang ditargetkan untuk diluncurkan akhir bulan ini. Domba Shropshire yang luar biasa pintar, dalam bentuk boneka mewah, akan terbang jauh melampaui bulan dengan pesawat ruang angkasa Orion NASA sebelum kembali ke Bumi dalam waktu satu bulan lebih sedikit.

Penyertaan Shaun dalam Kit Penerbangan Resmi Artemis 1 diatur oleh Badan Antariksa Eropa (ESA), yang membangun modul layanan penyedia daya untuk misi tersebut. “Ini adalah waktu yang menyenangkan bagi Shaun dan kami di ESA,” kata David Parker, direktur eksplorasi manusia dan robot di ESA, dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Selasa (2/8/2022), dilansir dari Space, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga

“Kami sangat senang dia terpilih untuk misi tersebut dan kami memahami bahwa, meskipun itu mungkin langkah kecil bagi manusia, ini adalah lompatan besar bagi domba,” ujarnya.

ESA bekerja dengan Aardman, studio animasi di belakang domba stop-motion, untuk mengatur petualangan luar angkasa kehidupan nyata Shaun. “Aardman senang bergabung dengan ESA dalam membuat sejarah dengan meluncurkan 'domba' pertama ke luar angkasa,” kata Lucy Wendover, direktur pemasaran di Aardman.

“Sebagai salah satu astronot pertama yang terbang dalam misi Artemis, Shaun memimpin dalam eksplorasi bulan, suatu kehormatan besar bagi petualang berbulu kita!”

“2022 menandai ulang tahun ke-15 serial TV pertama Shaun, jadi cara apa yang lebih baik untuk merayakannya selain dengan bepergian lebih jauh dari domba mana pun sebelumnya,” tambahnya.

Sebuah spin-off dari produksi Aardman lainnya, Wallace & Gromit, Shaun (the sheep) pertama kali muncul dalam film pendek 1995 A Close Shave. Serial TV ini memulai debutnya pada 2007 dan sejak itu telah ditayangkan di 180 negara.

Dua film panjang diikuti, termasuk A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon tahun 2019, di mana Shaun bertemu dengan seorang pengunjung dari luar angkasa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement