Senin 08 Aug 2022 06:42 WIB

Kunjungi IBF, Cak Imin Berkomitmen Perjuangkan Pajak Buku Dihapus

Pandemi covid-19 dalam dua terakhir imemberi pukulan telak pada industri buku

Red: Muhammad Subarkah
Wakil Ketua DPR Ri, Muhaimin Iskandar saat mengunjungi Islamic Book Fair (IBF) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad, (07/08/2022).
Foto: Istimewa
Wakil Ketua DPR Ri, Muhaimin Iskandar saat mengunjungi Islamic Book Fair (IBF) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad, (07/08/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar berkomitmen terus memperjuangkan agar penerbit dan pencetak buku tidak dikenakan pajak. Menurutnya gagasan itu bukan semata-mata ingin menganakemaskan penerbitan atau pencetak buku, melainkan agar harga buku semakin terjangkau masyarakat sehingga minat baca semakin tinggi. 

"Ke depan pajak buku harus dihapus agar harga buku lebih murah dan terngkau. Kenapa saya terus memperjuangkan pajak buku harus dikurangi atau ditiadakan ini murni agar bisa dijangkau. Kalau sudah bisa dijangkau harganya, minat publik untuk membaca semakin tinggi," ujar Gus Muhaimin saat mengunjungi Islamic Book Fair (IBF) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Ahad, (07/08/2022). 

Menurut dia, di era disrupsi dan pandemi covid-19 dalam dua terakhir ini cukup memberi pukulan telak pada industri buku di Indonesia. 

"Semua industri mengalami pukulan telak akibat pandemi. Tak terkecuali penerbitan dan percetakan buku. Sebab itu, saya serius memperjuangan agar pajak buku dihapus," kata dia. 

Apalagi kata dia di era kemajuan teknologi informasi saat ini ada penurunan minat baca di masyarakat. Dengan mengurangi atau menghilangkan pajak buku dan percetakan maka harga buku bisa terjangkau.

Ketua Umum PKB itu juga bersyukur karena pengunjung IBF 2022 kali ini penuh karena banyak warga dari berbagai daerah turut serta meramaikan pameran buku.

"Pengunjung IBF 2022 sangat padat bahkan penuh dan sesak, ternyata dari beberapa daerah yang datang menikmati dan belanja buku. Belanja buku Islam sangat ramai, banyak toko yang bilang lalu keras. Bersyukur atas semangat masyarakat untuk terus membaca dan belanja," imbuhnya.

Selain turut berbelanja buku, Gus Muhaimin sempat bercengkrama dengan pengunjung dan peserta pameran buku. Ia juga berbincang-bincang dengan teman-temanya yang turut serta mengunjungi acara serta menjadi pelaku pameran. "Saya juga ketemu banyak teman yang kenal sama saya,"  

Gus Muhaimin sempat menyambangi lima stand penerbitan dan memborong beberapa buku. Menurut dia, Islamic Book Fair adalah kesempatan langka. Seperti diketahui Islamic Book Fair ini digelar sejak sejak Rabu-Minggu, 3-7 Agustus 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement