Jumat 12 Aug 2022 03:45 WIB

Sandiaga: Dua Maskapai Berminat Terbang dari Luar Negeri ke Babel

Penerbangan langsung dari luar negeri ditujukan untuk menggeliatkan parekraf Babel.

Red: Nidia Zuraya
Penumpang antre untuk melakukan tes usap antigen di Terminal Kedatangan Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Bangka Belitung (ilustrasi).
Foto: Antara/Anindira Kintara
Penumpang antre untuk melakukan tes usap antigen di Terminal Kedatangan Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Bangka Belitung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan maskapai Air Asia dan Lion Air berminat melakukan penerbangan langsung dari luar negeri ke Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang kini sudah dalam tahap finalisasi untuk realisasi. Hal tersebut disampaikan saat dirinya membuka Pesona Belitung Beach Festival 2022 di kawasan pantai Tanjung Pendam, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kita akan menambah (jumlah pesawat) karena jumlah pesawatnya ini masih sangat kurang. Kita akan memberikan langkah-langkah insentif agar pesawat bisa ditambah, sehingga tingkat ketersediaan kursinya bisa bertambah dan akan menurunkan harga tiket pesawat," kata dia lewat keterangan resmi, Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga

Upaya menghadirkan penerbangan langsung dari luar negeri ditujukan untuk menggeliatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Babel dan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat. Menparekraf mengharapkan penerbangan tersebut dapat segera direalisasikan, termasuk interkoneksi angkutan umum ke sejumlah destinasi wisata unggulan seperti Bukit Peramun, Desa Juru Seberang, Desa Wisata Kreatif Terong dan Destinasi Wisata Mangrove, serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang.

"Kepastian penerbangan ini akan kami dengar masukan langsung dari Pak Bupati dan Wakil Bupati yang akan kami koordinasikan dengan Kementerian Perhubungan dan maskapai. Kita harapkan dalam waktu singkat ini akan segera dibuka," ucap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga secara resmi membuka Pesona Belitung Beach Festival 2022 yang diyakini dapat memulihkan sektor parekraf provinsi tersebut. Kegiatan itu dinilai tak hanya bakal membuka peluang usaha dan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru berkualitas, tetapi juga mendukung event G20.

"Pesan Bapak Presiden Joko Widodo adalah dalam periode ekonomi yang penuh dengan ketidakpastian, kita harus mampu menjawab keresahan masyarakat mengenai inflasi dengan program-program yang memberdayakan masyarakat, sehingga meningkatkan penghasilan mereka," ujar Menparekraf.

Lebih lanjut, ia menitipkan pesan kepada masyarakat untuk mendukung pemerintah Presiden Jokowi yang berjalan lancar dengan banyak prestasi. "Mari kita tingkatkan akselerasi pemulihan (ekonomi) kita, pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat, buka peluang usaha dan bersama Insya Allah kita bergandengan tangan meningkatkan ekonomi masyarakat," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement