Jumat 09 Sep 2022 04:09 WIB

Livescore; Main di Kandang, MU Kalah 0-1 dari Real Sociedad

MU tak berdaya di hadapan tamunya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Manchester United Erik ten Hag.
Foto: AP/Dave Thompson
Pelatih kepala Manchester United Erik ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United kalah 0-1 dari Real Sociedad dalam pertandingan pertama grup E Liga Europa, di Stadion Old Trafford, Jumat (9/9/2022) dini hari WIB. Gol kemenangan Sociedad dicetak oleh Brais Mendez melalui penalti.

Permainan berlangsung dengan tempo cepat sejak menit pertama. Jua beli serangan tercipta dari kedua tim. Sociedad lebih banyak menyerang dari sisi kanan pertahanan Setann Merah. Sementara MU mencoba menyerang dari segala lini.

Baca Juga

Pada menit ke-14, Ronaldo mendapatkan peluang menjebol gawang Sociedad ketika mendapatkan bola sodoran dari rekannya dari sisi kanan. Namun usahanya gagal karena berhasil direbut oleh pemain belakang Sociedad. Tiga menit berselang, Eriksen memberikan umpan silang matang ke tiang dekat namun Ronaldo tak mampu mengkaunya yang sudah berdiri di kotak penalti.

Pertahanan tuan rumah yang rapat membuat Sociedad kesulitan menusuk ke area penalti. Serangan mereka mentok di depan garis kotak 16. Pasalnya, hampir seluruh pemain MU turun ke belakang dengan cepat ketika Sociedad melakukan serangan.

Pada menit ke-25, Ronaldo kembali gagal memanfaatkan peluang saat menerima umpan Eriksen. Ronaldo terlambar menyambut bola yang didahului oleh pemain Sociedad sehingga hanya berbuah tendangan sudut.

Ronaldo sempat mencetak gol pada menit ke-35 dengan sundulan. Namun wasit tak mengesahkan gol tersebut karena pemain internasional Portugal itu sudah berada di posisi offside. Setan Merah mendominasi permainan sejak pertandingan memasuki menit ke-30. Ronaldo dan kawan-kawan memaksan Sociedad bermain lebih bertahan.

Kendati demikian pada menit ke-38, Sociedad mengancam pertahanan MU ketika Sadiq menusuk ke area kotak penalti sebelum tembakannya diblok oleh Casemiro. Hingga babak pertama usai skor berakhir imbang 0-0.

Erik ten Hag melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Ia memasukkan Bruno Fernandes menggantikan Eriksen dan Lisandro Martinez menggantikan Dalot. Adapun Sociedad menari keluar Sadiq digantikan Alexander Sorloth.

Ronaldo mendapatkan kesempatan mencetak gol ketika babak kedua berjalan satu menit. Namun sundulannya yang menerima umpan silang Bruno Fernandes melenceng tipis ke sisi kanan gawang Sociedad.

Tempo permainan tetap berlangsung cepat dengan kedua tim saling jual beli serangan. Sociedad memaksan pemain belakang MU bersusah payah menahan gempuran Sociedad pada menit ke-56, Kubo memberikan umpan ke kotak penalti yang melihat rekannya siap menyambutnya. Namun berhasil dipotong oleh pemain MU sehingga menghasilkan tendangan sudut.

Sesaat kemudian Silva melakukan tembakan yang mengenai tangan Martinez sehingga wasit menunjuk titik putih setelah dilakukan chek VAR. Brais Mendez sukses mengeksekusi tendangan penalti itu dengan sempurna pada menit ke-59.

Tertinggal 0-1, Ten Hag melakukan pergantian pemain. Ia menarik keluar Antony dan memasukkan Jadon Sancho kemudian Elanga digantikan Alejandro Garnacho. Namun usaha MU menyamakan kedudukan tak berhasil hingga pertandingan berakhir.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ اِحْسَانًا ۗحَمَلَتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۗوَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰثُوْنَ شَهْرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةًۙ قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.”

(QS. Al-Ahqaf ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement