Selasa 20 Sep 2022 00:05 WIB

Jenazah Azyumardi Dimakamkan di TMP Kalibata pada Selasa Pukul 09.00

Jenazah diberangkatkan dari Kuala Lumpur, Senin pukul 20.45 waktu setempat.

Red: Agus Yulianto
Warga bertakziah di rumah duka almarhum Azyumardi Azra di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Ahad (18/9/2022) malam. Ketua Dewan Pers 2022 - 2025 Azyumardi Azra wafat di Malaysia karena serangan jantung dan juga positif COVID-19.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Warga bertakziah di rumah duka almarhum Azyumardi Azra di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Ahad (18/9/2022) malam. Ketua Dewan Pers 2022 - 2025 Azyumardi Azra wafat di Malaysia karena serangan jantung dan juga positif COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Jenazah Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Azyumardi Azra menurut rencana dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta pada Selasa (20/9) pukul 09.00 WIB.

"Sudah (koordinasi dengan TMP Kalibata), rencananya besok pukul 09.00 pagi. Terus inspektur upacaranya juga sudah koordinasi," kata Vemi Nurbaini, sekretaris Azyumardi di rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Senin (19/9/2022).

Dia mengatakan, direncanakan yang menjadi inspektur upacara pemakaman Azyumardi adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. "Inspektur upacara direncanakan Menko PMK," ucap Vemi.

Namun, kata dia, sebelum dimakamkan di TMP Kalibata, jenazah Azyumardi akan dishalatkan terlebih dulu di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, Selasa (20/9) pukul 08.00 WIB. "Di auditorium Harun Nasution UIN jam 8 pagi," tuturnya.

Sementara soal kepulangan jenazah Azyumardi, dia mengatakan, akan diberangkatkan dari Kuala Lumpur, Malaysia, Senin pukul 20.45 waktu setempat.

"Informasi ter-update saat ini. Insya Allah bapak itu berangkat dari KL (Kuala Lumpur) pukul 20.45 menggunakan Batik Air. Jadi, Insya Allah tiba di Jakarta pukul 21.50 WIB di Bandara Soekarno Hatta," kata Vemi.

Berikutnya, jenazah akan dibawa ke rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

"Rencananya jenazah akan disemayamkan di rumah duka. Proses pemakaman besok pagi. Demikian informasi ter-update. Kalaupun ada perubahan informasi akan saya sampaikan kepada rekan media," ucap Vemi.

Azyumardi mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat.  Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلًا مِّنْ قَبْلِكَ مِنْهُمْ مَّنْ قَصَصْنَا عَلَيْكَ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّمْ نَقْصُصْ عَلَيْكَ ۗوَمَا كَانَ لِرَسُوْلٍ اَنْ يَّأْتِيَ بِاٰيَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۚفَاِذَا جَاۤءَ اَمْرُ اللّٰهِ قُضِيَ بِالْحَقِّ وَخَسِرَ هُنَالِكَ الْمُبْطِلُوْنَ ࣖ
Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad), di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antaranya ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak ada seorang rasul membawa suatu mukjizat, kecuali seizin Allah. Maka apabila telah datang perintah Allah, (untuk semua perkara) diputuskan dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.

(QS. Gafir ayat 78)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement