Rabu 21 Sep 2022 19:42 WIB

Duka Mendalam Kepergian Azyumardi Azra: Ketum PP Muhammadiyah: Beliau Sosok Begawan Bangsa

Ketum PP Muhammadiyah mengenang sosok Azyumardi Azra.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Hafil
 Duka Mendalam Kepergian Azyumardi Azra: Ketum PP Muhammadiyah: Beliau Sosok Begawan Bangsa. Foto:  Pasukan TNI membawa peti jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra saat akan di makamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (20/9/2022). Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut meninggal dunia pada hari Ahad (18/9/2022) setelah menjalani perawatan di rumah sakit Serdang, Selangor Malaysia. Azyumardi Azra meninggal di usia 67 tahun. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Duka Mendalam Kepergian Azyumardi Azra: Ketum PP Muhammadiyah: Beliau Sosok Begawan Bangsa. Foto: Pasukan TNI membawa peti jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra saat akan di makamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (20/9/2022). Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut meninggal dunia pada hari Ahad (18/9/2022) setelah menjalani perawatan di rumah sakit Serdang, Selangor Malaysia. Azyumardi Azra meninggal di usia 67 tahun. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Kepergian Prof Azyumardi Azra masih meninggalkan duka bagi segenap rakyat Indonesia. Terlebih, Azra merupakan sosok yang memiliki keilmuan luar biasa, tidak cuma sebagai seorang akademisi, tapi sebagai cendekiawan Muslim.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, menyampaikan duka mendalam atas kepergian Prof Azyumardi Azra. Ia menilai, kepergian itu tidak cuma dirasakan masyarakat Indonesia, tapi dunia Islam dan elite-elite dari berbagai negara.

Baca Juga

"Semua kita tentu kehilangan dari sosok yang kami sebut sebagai Begawan Bangsa," kata Haedar dalam Takziyah Virtual yang diselenggarakan PP Muhammadiyah, Selasa (20/9/2022).

Lewat Takziyah Virtual, ia menekankan, warga persyarikatan Muhammadiyah tidak cuma menyampaikan duka. Namun, turut menyampaikan doa agar keluarga senantiasa merelakan dengan ikhlas, tabah, kuat dan penuh kepasrahan kepada Allah SWT.

Haedar berharap, almarhum Azyumardi Azra khusnul khatimah, diampuni kekeliruan dan kesalahan, diterima amal dan ibadah, serta ditempatkan di surga Allah SWT. Ia mengingatkan, setiap kehilangan tentu meninggalkan jejak yang mendalam.

"Kita keluarga besar persyarikatan, umat Islam dan warga bangsa, kita ambil, kita petik, jejak tinta emas perjalanan hidup yang kalau kita lukiskan sungguh tidak cukup melukiskan betapa banyak ilmu, jariyah dan pengkhidmatan beliau," ujar Haedar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement