Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

7 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Bank Jatim Berkomitmen Cegah Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme

Selasa 27 Sep 2022 11:33 WIB

Rep: dadang kurnia/ Red: Hiru Muhammad

Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko Erdianto Sigit Cahyono (kiri) bersama Walikota Surabaya Eri Cahyadi menanam pohon di SIR Surabaya

Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko Erdianto Sigit Cahyono (kiri) bersama Walikota Surabaya Eri Cahyadi menanam pohon di SIR Surabaya

Foto: istimewa
Hingga saat ini tidak ada nasabah yang tercantum dalam DTTOT.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim), Erdianto Sigit Cahyono mengaku pihaknya berkomitmen untuk mengimplementasikan program gerakan nasional Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT) yang dicanangkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Bahkan, kata dia, bankjatim telah mempunyai unit khusus APUPPT di bawah Divisi Kepatuhan dan Tata Kelola.

Erdianto menjelaskan, implementasi program APUPPT di Bank Jatim dilaksanakan berdasarkan pendekatan berbasis risiko dengan berpedoman pada penguatan 5 pilar, yakni pengawasan aktif dewan komisaris dan direksi, kebijakan dan prosedur, pengendalian intern, sistem informasi manajemen, serta pelatihan dan sumber daya manusia.

Baca Juga

"Bank Jatim secara konsisten membantu pemerintah untuk mencegah pencucian uang dan pendanaan kegiatan terorisme dengan melaporkan indikasi transaksi mencurigakan ke PPATK," kata Erdianto, Selasa (27/9/2022).

Erdianto pun memastikan, hingga saat ini tidak ada nasabah yang tercantum dalam Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris (DTTOT) serta Daftar Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (PPSPM). Erfianto menegaskan, perusahaan siap mendukung Indonesia tanpa pencucian uang dan pendanaan terorisme untuk mewujudkan sistem keuangan yang kuat, berintegritas, dan berkelanjutan.

Erdianto menambahkan, dalam rangka memperingati dua dekade gerakan nasional APUPPT Indonesia, pihaknya bersama Pemkot Surabaya melakukan kegiatan penanaman pohon palem sadeng, pohon kelapa gading, dan pohon pule di area Sentra Ikan Romokalisari (SIR) Surabaya. Tujuannya adalah untuk memberikan semangat dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait APUPPT.

"Selain dalam rangka memperingati dua dekade gerakan APUPPT, penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Bankjatim terhadap lingkungan dan memberikan edukasi serta mengajak masyarakat untuk mewujudkan Indonesia tanpa pencucian uang dan pendanaan terorisme," ujarnya.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile