Rabu 28 Sep 2022 10:00 WIB

Jangan Bingung, Ini Susunan Acara Lamaran Pernikahan

Jika dalam waktu dekat ini akan melakukan prosesi lamaran, kamu perlu menyimak susunan untuk acara lamaran pernikahan berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Pernikahan merupakan salah satu momen Bahagia yang sangat dinantikan bagi calon pengantin ataupun bagi keluarga dari masing-masing calon mempelai. Tetapi sebelum pernikahan berlangsung ada satu hal yang wajib dan tidak boleh terlewatkan yaitu lamaran. 

Sudah menjadi budaya yang mendarah daging bagi seluruh masyarakat di mana pun sebelum upacara pernikahan dilakukan agenda lamaran terlebih dahulu untuk mendapatkan kesepakatan atas pernikahan tersebut.

Tidak lucu juga kan tiba-tiba ada yang menikah tanpa ada lamaran terlebih dahulu. Karena di sini lamaran bisa diartikan sebagai proses meminang dari pihak laki-laki dan proses mendapatkan jawaban dari pihak yang dilamar yaitu pihak perempuan.

Jadi lamaran merupakan agenda wajib sebelum dilangsungkannya upacara pernikahan. Selain itu fungsi lamaran adalah sebagai peresmian dari pihak laki-laki melamar atau meminang pihak perempuan. Prosesi lamaran juga bertujuan untuk mempertemukan kedua keluarga baik dari pihak laki-laki dan perempuan dan ajang silaturahmi.

Jika kamu saat ini dalam waktu dekat akan melakukan prosesi lamaran dan bingung memikirkan susunan acaranya seperti apa maka kamu perlu menyimak susunan untuk acara lamaran pernikahan.

Susunan Acara Lamaran Pernikahan

  1. Kedatangan Keluarga Calon Mempelai Laki-laki

    Untuk serangkaian prosesi lamaran yang pertama kali harus dilakukan adalah keluarga serta calon mempelai laki-laki datang ke rumah calon mempelai perempuan. Calon mempelai laki-laki datang beserta keluarga besar dan biasanya didampingi rombongan seperti tetangga dan kerabat membawa seserahan untuk melamar calon mempelai perempuan.

    Dari pihak keluarga mempelai perempuan akan menyambut dengan hangat kedatangan rombongan dari calon mempelai laki-laki. Setelah itu rombongan dari calon mempelai laki-laki akan dipersilahkan masuk ke tempat dimana acara lamaran akan berlangsung.

  2. Pembukaan Lamaran

    Acara pembukaan lamaran ini biasanya akan dipimpin oleh MC. Untuk MC biasanya dipilih dari keluarga calon mempelai perempuan atau siapa saja yang ditunjuk oleh keluarga calon mempelai perempuan.

    MC pertama-tama akan menyambut kedatangan rombongan calon mempelai laki-laki dengan mengucapkan selamat datang. Selayaknya MC pada umumnya yang selanjutnya dilakukan setelah menyambut kedatangan rombongan calon mempelai laki-laki adalah membacakan susunan acara.

    Setelah itu MC akan menanyakan maksud dan tujuan dari rombongan calon mempelai laki-laki dan mempersilahkannya untuk menjawab.

  3. Penyampaian Maksud dan Tujuan Kedatangan Rombongan

    Penyampaian maksud dan tujuan atas kedatangan rombongan keluarga dari calon mempelai laki-laki ini bisa dikatakan sebagai inti dari acara lamaran. Salah satu perwakilan dari keluarga calon mempelai laki-laki akan menyampaikan lamarannya kepada pihak calon mempelai perempuan. Setelah itu akan langsung menanyakan kesediaan dari keluarga calon mempelai perempuan untuk menikahkan putra putrinya.

  4. Pemberian Jawaban dari Calon Mempelai Perempuan

    Pada sesi ini MC akan mempersilahkan perwakilan dari pihak calon mempelai perempuan memberikan jawaban atas lamaran dari calon mempelai laki-laki. Perwakilan dari pihak calon mempelai perempuan akan menyambut baik lamaran dari calon mempelai laki-laki.

  5. Penyerahan Seserahan

    Setelah lamaran dari calon mempelai laki-laki resmi diterima oleh calon mempelai perempuan maka agenda selanjutnya adalah penyerahan seserahan kepada keluarga calon mempelai perempuan. Seserahan juga bisa diartikan secara simbolis seperti menyimbolkan tentang keseriusan dari pihak pelamar.

  6. Bertukar cincin

    Acara tukar cincin biasanya hanya sebagai simbolis dan tidak wajib untuk dilakukan pada tahapan tahapan lamaran.  Kalau pun ada prosesinya biasanya dilakukan dengan pemasangan cincin oleh ibu dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan. Dilanjutkan dengan pemasangan cincin oleh ibu dari calon mempelai perempuan kepada calon mempelai laki-laki.

  7. Perkenalan Antar Keluarga dari Calon Mempelai

    Untuk sesi yang satu ini bisa dianggap sebagai sesi santai seperti agenda ramah tamah antar keluarga. Masing-masing keluarga calon mempelai memperkenalkan diri satu per satu untuk menambah keakraban antar keluarga. Maksud dari sesi ini pun juga untuk mempererat hubungan dan keakraban antar keluarga dengan perkenalan dan berbincang-bincang.

  8. Penutupan

    Selayaknya agenda agenda pada umumnya sesi penutupan ini merupakan ujung dari acara lamaran yang dilakukan oleh calon mempelai laki-laki. Pada sesi ini dilakukan penutupan acara serta pembacaan doa untuk kelancaran pernikahan yang akan berlangsung. Sesi doa ini dapat dilakukan oleh perwakilan dari salah satu keluarga atau mengundang ustad atau pemuka agama khusus.

  9. Foto Bersama

    Setelah itu akan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Tidak hanya pernikahan saja yang perlu diabadikan, tetapi juga sesi lamaran. Tentunya, dengan dilakukannya foto bersama ini kedua keluarga dapat mengabadikan momen sakral ini sepanjang hidupnya.

  10. Makan Bersama

    Acara lamaran tidak akan terasa lengkap dan hangat tanpa adanya sesi makan bersama. Selain memenuhi keinginan makan-makan pengunjung, sesi makan bersama ini juga menjadi sangat vital. Sebab, saat sesi makan bersama ini kedua keluarga dapat berbincang secara lebih intim dan saling mengenal.

  11. Balasan dari Pihak Mempelai Perempuan

    Setelah semua sesi selesai dilakukan mulai dari pembukaan sampai penutupan maka sesi yang terakhir dilakukan adalah keluarga dari calon mempelai perempuan akan memberi balasan seserahan kepada keluarga calon mempelai laki-laki. Proses lamaran pun bisa dikatakan selesai dengan terlaksananya semua sesi.

Segera Atur Jadwal Lamaran kamu

Setelah kamu membaca salah satu contoh susunan acara lamaran tersebut maka yang perlu kamu siapkan selanjutnya adalah jadwal yang bisa kamu diskusikan dengan kedua keluarga. kamu juga bisa mengemas sendiri bagaimana susunan acara lamaran yang tepat untuk kamu dan keluarga berdasarkan kebutuhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement